Kunker Kapolda Jambi ke-Polres Tanjabbar Dalam Rangka Penangan Covid-19 dan Kesiapan Kegiatan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi -->
Cari Berita

Kunker Kapolda Jambi ke-Polres Tanjabbar Dalam Rangka Penangan Covid-19 dan Kesiapan Kegiatan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi

tuntas.co.id

Kunker Kapolda Jambi ke-Polres Tanjabbar Dalam Rangka Penangan Covid-19 dan Kesiapan Kegiatan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi


TUNTAS.CO.ID_TANJAB BARAT - Kemarin Senin (6/9/21) Kunjungan Kerja (Kunker) Kapolda Jambi IRJEN POL A. RACHMAD WIBOWO, S.I.K. ke Polres Tanjab Barat Dalam rangka Penanganan Covid-19 dan Kesiapan Kegiatan MTQ Ke- 50 tingkat Prov. Jambi Tahun 2021 di Kab. Tanjab Barat.


Turut Ikut mendampingi Kapolda Jambi Karoops Polda Jambi KOMBES POL FERI HANDOKO SOENARSO, S.H., S.I.K. Dirintelkam Polda Jambi KOMBES POL BONDAN WITJAKSONO, S.H., S.I.K., M.M.

Dirlantas Polda Jambi KOMBES POL HERU SUTOPO, S.I.K.

Kasubbid Provost Bidpropam AKBP BAMBANG PURWANTO.

Koorspripim KOMPOL MUHAMMAD MUJIB, S.H., S.I.K.


Kapolda Jambi Beserta rombongan tiba di Polres Tanjab Barat sekira pukul 10'.30Wib. Dan disambut oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP MUHARMAN ARTA, S.I.K bersama Wakapolres Tanjab Barat KOMPOL ALHAJAT, S.I.K. Dan serta Para PJU Polres Tanjab Barat; 


Lanjut Kapolda Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi perihal Penanganan Covid-19 dan Kesiapan Kegiatan MTQ Ke- 50 tingkat Prov. Jambi di Kab. Tanjab Barat. Dilaksanakan i di Aula Reconfu Polres Tanjab Barat


Sementara rapat dipimpin oleh Kapolda Jambi IRJEN POL A. RACHMAD WIBOWO, S.I.K. didampingi Bupati Tanjab Barat Drs. H. ANWAR SADAT, M.Ag dan Kapolres Tanjab Barat AKBP MUHARMAN ARTA, S.I.K.


Hadir dalam kegiatan Karoops Polda Jambi KOMBES POL FERI HANDOKO SOENARSO, S.H., S.I.K.

Dirintelkam Polda Jambi KOMBES POL BONDAN WITJAKSONO, S.H., S.I.K., M.M.

Dirlantas Polda Jambi KOMBES POL HERU SUTOPO, S.I.K.

Koorspripim Polda Jambi KOMPOL MUHAMMAD MUJIB ,.S.H., S.I.K

Dandim 0419/Tanjab LETKOL INF ERWAN SUSANTO, S.IP

Wakil Bupati Tanjab Barat HAIRAN, S.H

Ketua Pengadilan Negeri Tanjab Barat NURMALA SINURAT, SH, MH.

Staf Ahli Bid Hukum dan Politik Setda Tanjab Barat H. MULYADI, M.Kes

Kabag Kesra Setda Tanjab Barat HIDAYAT KUSUMA, S.Sos.I

Kadinkes Kab. Tanjab Barat dr. Hj. ANDI PADA, M.Kes

Kadis Perhubungan Kab. Tanjab Barat SYAMSUL JUHARI, S.Sos.

Kalaksa BPBD Kab. Tanjab Barat Drs. ZULFIKRI, M.AP

Kasat Pol PP Kab. Tanjab Barat H. ENDANG SURYA, M.M

Kabid P2P Dinkes Kab. Tanjab Barat Hj. ARIDA SANTI OREN

Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Kab. Tanjab Barat H. SYAHARUDDIN.

Direktur RSUD KH. Daud Arif dr. H. ELFRY SYAHRIL.


Sambutan dan Laporan Bupati Tanjung Jabung Barat. Drs. H.Anwar Sadat. M.Ag. Menyampaikan Vaksin yang diterima ada 9 Alokasi baik ke Dinkes, TNI dan Polri dengan Total Keseluruhan sebanyak 16.656 Vial/120.068 Dosis. 


Dari Total Sasaran 238.681 yang telah divaksin sbb : Dosis 1. 65.133 (27,29 %).

Dosis 2 42.527 (17.82 %). Dan Sisa Stok Vaksin yang belum digunakan sebanyak 15.898 Dosis.


"Pemda Tanjab Barat telah menganggarkan setiap Desa untuk menyiapkan Rumah Isolasi di setiap Kel./Desa untuk Penanganan Pasien Covid-19.


Dilanjutkannya papara MTQ tentang Jadwal dan Venue MTQ. Tidak ada Pembukaan seremonial. Hanya ada Pelantikan Dewan Hakim oleh Gubernur Jambi dan Dihadiri 2 orang perwakilan dari masing2 Kafilah/Official. Tidak ada acara Penutupan secara Resmi. Pembagian Hadiah hanya kepada perwakilan Kafilah.


Sambutan Kapolres Tanjung Jabung Barat. AKBP Murhaman. S.I.K. Mengatakan Terkait rencana Penyelenggaran MTQ Ke-50 tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 di Kab. Tanjab Barat dan Penanganan Covid-19, mohon izin petunjuk dan arahan dari Bapak Kapolda Jambi terkait kesiapan-kesiapan yang harus dilaksanakan oleh Pemda Tanjab Barat, Polres Tanjab Barat dan Kodim 0419/ Tanjab.


Sementara itu arahan Kapolda Jambi :

Terkait Perkembangan Covid-19 di Dunia, Indonesia dan Prov. Jambi. Saat ini Dunia seperti Eropa dan Amerika sedang Naik padahal sudah sepenuhnya melaksanakan Vaksinasi. Di Indonesia saat ini trend nya sedang Turun, sedangkan di Provinsi Jambi Turun namun tidak tajam/landai.


Khusus di Kab. Tanjab Barat selama 2 Minggu terakhir kasus Covid-19 naik dengan cepat. Melihat data dari B.O.R. Tanjab Barat, BOR RS mengalami penurunan dan RUSO landai tidak ada peningkatan, sementara Jumlah Isoman terus naik dari bulan Agustus sampai September dari 8 menjadi 89 Orang (hampir 100 %). Maka dari itu, Disarankan agar Pasien yang Isolasi Mandiri dipindahkan ke tempat Isolasi Terpusat (RS/RUSO). Boleh melaksanakan Isoman namun harus dengan ketentuan syarat standar mulai dari standar Tempat, Interaksi, Standar Pengelolaan Limbah Covid-19 dan Pengobatan.


Sebagai contoh Tempat Isolasi Terpusat yg baik seperti di LPMP dan Asrama Haji. Pasien dibawa oleh BKTM dan Babinsa ke tempat itu kemudian disambut dan dilayani oleh petugas screening test dan ada buku medical record. Dokter, Perawat dan Tenaga Kebersihan selalu dilengkapi APD. Kemudian mendapatkan Makan 3 x 1 Hari baik utk Pasien, Nakes dan Security/Pengamanan. Hal tersebut merupakan hasil koordinasi dengan Bapak Gubernur agar diperhatikan segala akomodasi dan intensifnya. Selain itu Pengamanannya melibatkan Polres, Polsek, Kodim dan Koramil. Terkait alokasi anggaran Penanganan Covid-19, bisa memanfaatkan Dana dari DAU dan DAK sesuai petunjuk Menteri Keuangan.


Kolaborasi Hulu Hilir penanganan Covid harus berjalan serentak. Untuk hilir nya, Penanganan Pasien di RS dan kesiapan BOR Isoter harus terpenuhi. Kemudian untuk Hulu nya laksanakan PPKM dan Vaksinasi. Untuk Kab. Tanjab Barat stok Vaksin nya banyak maka dari itu harus digenjot Vaksinasinya.


Vaksinasi di Tanjab Barat sesuai Data Kemkes RI, untuk Dosis 1 sebanyak 59.517 Jiwa (24,9 %) dan Dosis 2 sebanyak 42.279 Jiwa (17,7 %) dari target sasaran sebanyak 238.681 Jiwa.


Laksanakan Kerjasama yang Baik antara Pemda, TNI, Polri dan Pengusaha untuk pelaksanaan Vaksinasi khususnya ditempat-tempat Padat Penduduk.


Untuk data Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia, urutan tertinggi yakni Kab. Batanghari. Kemudian Kab. Tanjab Barat naik 100% pada periode Juli - Agustus dari 12 Orang menjadi 14 Orang dan pada bulan September sudah ada 2 Orang yang Meninggal Dunia.


Melihat data-data tersebut, terkait rencana Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi, Hal-hal detail diantaranya seperti Lokasi Lomba/Venue, Jadwal, Parkir, Mobilisasi Peserta dari seluruh Kabupaten/Kota dan perpindahan ke suatu tempat harus betul-betul sesuai dengan aturannya.


Agar dilaksanakan Penyekatan orang-orang yang masuk ke Tanjab Barat khususnya di Pelabuhan RORO. Harus diberlakukan Syarat sudah Vaksin dan Bebas Covid-19. Dirintelkam dan Dirlantas akan koordinasi dengan Polda Kepri agar disana diberlakukan hal tersebut.


Kegiatan selesai sekira pukul 12.20 Wib berlangsung Tertib dan Lancar. Situasi Aman dan Kondusif.


Selanjutnya sekira pukul 12.40 Wib Kapolda Jambi bersama Rombongan meninggalkan Polres Tanjab Barat untuk kembali ke Kota Jambi.

 (Anto)