Bupati Tanjabbar Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 -->
Cari Berita

Bupati Tanjabbar Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020

tuntas.co.id

Bupati Tanjabbar Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020


TANJAB BARAT_TUNTAS.CO.ID-Menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2021 Tanggal 9 April 2021, hal Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wali kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali kota Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020.


Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag melaksanakan pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri dengan metode tatap maya bertempat di ruang rapat Bupati tanjung jabung barat.Kamis (29/7/21)


Dalam hal ini pembekalan kepemipimpinan kepemerintahan kab. Tanjung jabung barat diberikan kesempatan 10 - 15 menit untuk mempresentasikan.


Pembekalan kepemimpinan kepemerintahan untuk kabupaten tanjung jabung barat diberikan kesempatan ke 3 (tiga)

1. Bupati pakpak bharat provinsi sumatra utara

2. Bupati lima puluh kota provinsi sumatra barat

3. Bupati Tanjung Jabung Barat provinsi jambi

4. Bupati Musi Rawas provinsi sumatra selatan

5. Bupati Bangka Tengah provinsi kepulauan bangka belitung.


Turut Hadir mendampingi dalam pembekalan kepemimpinan pemerintahan dengan metode tatap maya tersebut : Kabid Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM, Kabag Tapem, kassubag Tapem.


Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag dalam paparannya secara virtual terkait percepatan peningkatan kualitas SDM yang beriman, berilmu, dan berakhlak tahun 2021 s.d 2024 menyampaikan pokok permasalahan di kabupaten tanjung jabung barat 


Yang pertama yaitu tingkat kemiskinan pada tahun 2019 persentase penduduk miskin sebesar 10,56% urutan ke 11 dari 12 kabupaten/kota yang ada dalam provinsi jambi. 


Yang kedua tingkat pengangguran tinggi pada tahun 2019 persentase tingkat pengangguran terbuka sebesar 2,67%. Tingkat pengangguran terbuka kab. Tanjung jabung Barat berada diurutan terkecil ke 2 dari 12 kabupaten/kota yang ada dalam provinsi jambi.


Dua pokok permasalahan sumber daya manusia yang ada di kabupaten tanjung jabung barat merupakan hal yang sangat penting untuk segera diatasi dan Bupati serta Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat telah merumuskan permasalahan tersebut untuk segera diatasi telah menjadi misi pertama yaitu "Membentuk sumber daya manusia yang berdaya saing dengan dilandasi iman dan taqwa serta berakhlak mulia". Terkait program kegiatan dan Sub kegiatan yang ada pada rencana aksi ini merupakan rumusan untuk percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang beriman berilmu dan berakhlak.


Selanjutnya Rekomendasi :

1. Organisasi Perangkat Daerah penanggung jawab akan diminta untuk mengoptimalkan pelaksanaan program, kegiatan dan kegiatan yang ada pada rencana aksi ini dengan perencanaan, penganggaran dan peranan partai fasis sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Pelaksanaan rencana aksi ini khususnya mencakup misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat terpilih periode 2021 - 2024 juga telah mendukung kebijakan nasional pada 7 agenda pembangunan jangka menengah nasional 2020 - 2024 yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing sehingga dibuat diperlukannya dukungan pemerintah pusat.

 (Anto)