Bupati Tanjabbar Hadiri Penyembelihan Hewan Qurban -->
Cari Berita

Bupati Tanjabbar Hadiri Penyembelihan Hewan Qurban

tuntas.co.id

TANJAB BARAT_TUNTAS.CO.ID - Penyembelihan hewan qurban Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Halaman Gedung Pelayanan Bersama, selasa (20/07). 

Kegiatan penyembelihan Tiga Puluh Tiga (33) ekor sapi tersebut secara seremonial di mulai dengan penyembelihan pertama oleh Bupati Drs H Anwar Sadat, M.Ag kemudian dilanjutkan oleh OPD di lokasi masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati menyebutkan Perintah untuk berqurban ini telah digariskan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an yang berbunyi: “Sesungguhnya kami telah memberikan nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena tuhanmu dan berqurbanlah”. (Qs. 108. Al Kautsar 1-2)

"Atas dasar spirit tersebut, pelaksanaan ibadah qurban memiliki dua makna penting sekaligus. Pertama makna ketaqwaan makhluk atas perintah sang khaliq dan kedua makna sosial di mana Rasulullah SAW melaranf kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki akan tetapi tidak menunaikan perintah qurban," tutur Bupati

Sebagaimana sabda beliau kata Bupati, “Barangsiapa yang memiliko kelapangan (rezeki) lalu tidak melakukan qurban maka janganlah mendekati tempat sholatku." Dalam konteks itu, Nabi SAW bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. Qurban adalah media ritual selain zakat, infaq dan shadaqah.

"Oleh karena itu, hari ini pemerintah akan melaksanakan penyembelihan dan pemotongan hewan qurban dalam rangka menegakkan syi’ar islam pada perayaan idul adha sekaligus bentuk rasa syukur atas rezeki yang Allah berikan kepada kita yang kemudian dibagikan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama atau bagi yang membutuhkan," jelasnya

Dikatakan Bupati, Melalui momentum seremonial penyembelihan hewan qurban ini, bupati juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh unsur yang terlibat khususnya bagi OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah mempersiapkan dari awal, pembelian, penyembelihan dan pemotongan hingga pembagian kepada yang membutuhkan.

“Semoga dengan terlaksananya penyembelihan hewan qurban ini dapat kita jadikan sebagai pesan simbolik agama yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang hamba pada titah sang pencipta seperti keteladana yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim atas ketulusan dan keikhlasannya menjalankan perintah Allah SWT,” imbuhnya.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan di tengah wabah pandemi covid-19 terutama pada pelaksanaan pemotongan jewan qurban.

“Dan tak lupa saya berpesan kepada kita semua agar terus berupaya membangun sinergi mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dalam rangka terwujudnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang Berkualitas, Ekonomi maju, Religius, Kompetitif, Aman dan Harmonis,” tutupnya.

Turut hadir bersama Bupati dan Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat, Wakil Bupati Hairan, SH beserta Ibu Uni Yati Hairan
Ketua DPRD H. Abdullah, SE, Ketua Pengadilan Negeri. Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah beserta Ibu Heni Purnamawati Agus, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian. (Anto)