Bukan Cuma Puan, Sosok Ini Dianggap Layak Gantikan Megawati Sebagai Ketum -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Bukan Cuma Puan, Sosok Ini Dianggap Layak Gantikan Megawati Sebagai Ketum

tuntas.co.id


JAKARTA - Penggantian Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat ini makin kencang. Dua keturunan Megawati pun digadang-gadang menjadi penerusnya. 

Politikus senior PDIP Effendi Simbolon mengatakan Prananda Prabowo dan Puan Maharani layak melanjutkan kepemimpinan Megawati Soekarnoputri. 

Menurutnya, Prananda dan Puan punya banyak pengalaman selama di partai. Kakak dan adik memiliki trah Soekarno. 

"Keduanya sama secara ideologi. Artinya, Puan dan Prananda memiliki kapasitas yang sama untuk melanjutkan kepemimpinan Megawati," kata Effendi Simbolon, Minggu (11/4). 

Effendi Simbolon juga menambahkan kaderisasi di partainya sangat berjalan dengan baik. Hal itu terbukti banyak kader baru yang muda-muda.

Sementara itu, Pengamat Politik Idil Akbar memberi tanggapan terkait isu calon Ketua PDIP. 

"Menurut saya kalau dalam batasan pengusulan sah-sah saja. Artinya baik Prananda Prabowo dan Puan Maharani memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi pengganti Megawati," kata Idil Akbar.

Namun, menurut Idil Akbar, tidak menutup kemungkinan juga dari luar trah Soekarno yang diangkat sebagai pengganti. 

"Ini semua sebetulnya sangat tergantung pada Megawati. Saya berkeyakinan pada nantinya, para kader PDIP akan menyerahkan penyerahan pengganti ketua umum kepada beliau," paparnya. (*)