Wabup Muratara Utamakan Kesejahteraan UMKM, Pemuda : Jemput Bagian Dari Rp123,46 Triliun Bantuan Nasional -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Wabup Muratara Utamakan Kesejahteraan UMKM, Pemuda : Jemput Bagian Dari Rp123,46 Triliun Bantuan Nasional

tuntas.co.id

Wakil Bupati Muratara. H. Inayahtullah bersama pelaku UMKM. (Poto/Ist)


Muratara - Usaha mikro kecil  menengah (UMKM) berperan penting dalam fungsi jaring pengaman sosial di masyarakat. Mengingat itu berkaitan dengan penciptaan pekerjaan dan ketahanan ekonomi. Karena itu, saat ini pemerintah pun telah memberikan banyak dukungan. Terkhusus bagi produk-produk lokal.


Wakil Bupati Kabupaten Muratara H. Inayatullah, menginginkan produk lokal atau masakan-masakan lokal daerah Kabupaten Muratara menjadi produk utama untuk dihidangkan setiap kegiatan apapun di Kabupaten Muratara.


"Harus produk dari daerah lokal. Nanti ada tim Ibu-ibu atau dikenal dengan nama srikandi, mereka akan menyajikan produk-produk lokal disetiap kegiatan,"kata H. Inayatullah kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).


Produk UMKM ini, bisa berkomunikasi dengan Pemerintah baik tingkat Desa, Kecamatan dan Pemkab Muratara, agar setiap kegiatan apapun di Muratara harus disiapkan untuk konsumsi berasal dari Kabupaten Muratara.


                                             H. Inayahtullah Wakil Bupati Muratara

"Jadi dengan menggunakan dan membeli produk buatan Masyarakat Lokal, ini sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. karena di lingkungan UMKM terjadi simbiosis mutualisme seperti warga sekitar bisa ikut bekerja dan lainnya," tutur ustad


Sementara Susiana salah satu pengurus UMKM lokal di Muratara mengatakan, untuk saat ini UMKM Ibu-ibu Srikandi sudah ada empat Kecamatan yang terbentuk, Karang Dapo, Rupit, Rawas ulu, dan Karang Jaya.


"Kita akan mengembangkan UMKM,  kita akan menyajikan masakan lokal di Muratara, seperti Srikayo ketan, Lemang, gandus, kue lapis dan kue-kue daerah dan lainnya ," ungkapnya


Menanggapi kebijakan Wakil Bupati ini, unsur pemuda Muratara, Rivaldo (24) mengapresiasi atas terobosan yang perpihak pada kepentingan UMKM lokal ini.


Rivaldo mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu langkah keseriusan Pemerintah Daerah dalam rangka mensejahterakan rakyat melalui sistem yang berpihak pada peningkatan tarap hidup bagi pelaku UMKM lokal.


"Jika ini terlaksana dengan baik serta tepat sasaran maka kemakmuran UMKM lokal suda didepan mata," sebut Rivaldo


Kemudian Rivaldo juga mengharapkan Pemda Muratara menjemput program nasional terkait bantuan pada UMKM karena Pemerintah Republik Indonesia mengalokasikan dana sebesar Rp123,46 triliun untuk memberikan bantuan bagi UMKM di masa pandemi.

"Saya berharap Pemda Muratara Mampu mengambil bagian bantuan Nasional untuk dunia usaha yang ada di Muratara," tegasnya

(ari)