Kerja Cepat Bupati Muratara, Peningkatan Jalan, Bangun Jembatan dan Pasar Hingga Rumah Tahpiz -->
Cari Berita

Kerja Cepat Bupati Muratara, Peningkatan Jalan, Bangun Jembatan dan Pasar Hingga Rumah Tahpiz

tuntas.co.id

 

HDS beri solusi alternatif perbaikan jalan di Desa Setia Marga. (Poto/Ist)


MURATARA - Bupati Muratara H Devi Suhartoni, lakukan kunjungan kerja perdana di Desa Setia Marga, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara. Jumat (5/3) sekitar pukul 10.00 WIB, usai melakulan monitoring. H Devi Suhartoni menjanjikan beragam perbaikan, seperti akses jalan, pasar, PDAM dan masjid terhadap masyarkat.

        

"Saya hari ini melakukan pengecekan jalan, PDAM, pasar dan masjid. Saya tahu saat musim hujan warga SP4-SP5 sulit melintas. Jalan ini insyaallah kita perbaiki sampai selesai dan saya dulu sudah berjanji jalan SP5-SP4 itu di bikin bagus," katanya.

    

Tapi karena di masa transisi kepemimpinan, terjadi pemangkasan APBD dari Rp1,1 triliun menjadi Rp780 milyar, dan dibebankan hutang di 2020 berkisar Rp192 milyar. Tentunya akan berdampak terhadap program pembangunan yang akan dilakukan Pemda Muratara.

        

Namun untuk saat ini, Pemda Muratara belum bisa berbuat banyak dan baru bisa membantu masyarakat melakukan tampal sulam. Dengan bantuan dari PT lonsum dan PT PPA. "Yang penting masyarakat bisa lewat dulu, nanti akan kita selesaikan secara bertahap. Kalau saat ini belum bisa karena uangnya juga lagi krisis," bebernya.

      

Bupati juga mengatakan, dia bersama ustad inayatullah, akan meminta bantuan Gubernur Sumsel, H Herman Deru, agar bisa ikut membantu peningkatan jalan Karang Dapo tembus sampai Muara lakitan. "Karena jalan ini, merupakan jalan alternatif masyarakat Muratara-Musi rawas menuju ke kota Palembang," ucapnya.

    

HDS juga menginformasikan, akan membangun jembatan dilokasi air dalam di jalan Setia marga, Karang Dapo, dengan nama jembatan H Herman Deru. Selain itu, H Devi Suhartoni juga menyampaikan akan melakukan perbaikan pasar, masjid dan pelayanan PDAM.


HDS memberikan arahan tata kelola PDAM yang baik. (Poto/Ist) 


Dia meminta masyarakat agar mendukung program pembangunan pemerintah. Karena selama ini tingginya biaya pembangunan di Muratara, karena banyak aksi premanisme. 


"Saya tegaskan tidak ada preman di jaman saya. Mau anak harimau, anak kucing, kalau ganggu pembangunan, saya tangkap bawak ke penjara," tegasnya


PLT Kepala PU Bina Marga Muratara, Amrullah mengungkapkan ada beberapa point yang menjadi sorotan dan prioritas Bupati Muratara, dalam monitoring kali ini. Diantaranya, peningkatan jalan, pembangunan jembatan sungai liam melalui program Bangub, pembangunan pasar SP4 Bina Marga, dan pembangunan masjid untuk rumah Tahpiz Quran.

       

 "Ada yang kita ajukan di tahun ini seperti  jembatan dengan dana bangub dan jalan Setia Marga. Ada juga yang kita ajukan di tahun depan seperti pasar dan masjid, untuk jaringan pipanisasi PDAM akan langsung di sambung ke rumah rumah warga," jelasnya. 

      

Dia juga menginformasikan, jika pengoptimalan jaringan PDAM akan digratiskan Pemerintah Daerah. "Bupati meminta seluruh jaringan PDAM digratiskan dan akan di sambungkan ke rumah warga. 

 (*)