Kegiatan Forum TJSLP Tahun 2020 di Bappeda Tanjab Barat Telah Terlaksana -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Kegiatan Forum TJSLP Tahun 2020 di Bappeda Tanjab Barat Telah Terlaksana

tuntas.co.id




TANJABBAR - Forum TJSLP (Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahan) tahun 2020 yang dilaksanakan kantor Bappeda Tanjabbar  telah terlaksana.


Kegiatan digelar dengan melalui fasilitas zoom meeting yang dilaksanakan di masing-masing kantor perusahaan yang tergabung dalam TJSLP Tanjab Barat. Selasa,15/12/20.


Dalam sambutan Bupati Tanjung Jabung Barat yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Tanjabbar, Ir. H. Firdaus Khatab menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengucapkan terima kasih kepada hadirin sekalian yang telah meluangkan waktu untuk ikut serta dalam pertemuan penutup kegiatan TSLP tahun 2020. Selama 6 tahun penyelenggaraan sungguh sudah sangat banyak program dan kegiatan yang terlaksana semua bidang yang diamanatkan dalam Perda Nomor 1 tahun 2015 sudah disentuh program TJSLP.


Forum TJSLP yang ke-6 ini akan menjadi kegiatan terakhir terkait TJSLP yang saya ikuti selaku Bupati Tanjung Jabung Barat, ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Bapak Ibu sekalian para pemimpin perusahaan meski belum seluruh perusahaan yang tergabung dalam forum namun sudah sangat banyak kontribusi perusahaan dalam rangka mendukung dan mengambil peran pada kegiatan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


Dari  laporan yang disampaikan oleh saudara kepala Bappeda tadi dapat kita ketahui bahwa sampai dengan tahun 2020 ini secara akumulatif dana yang telah dialokasikan pada program kegiatan TJSLP perusahaan mencapai Rp. 118.613.625.877.


Hal ini membuktikan bahwa perusahaan tidak hanya berusaha dan mengambil untung dari keberadaan mereka di Tanjung Jabung Barat saja, tetapi mereka juga berkontribusi sesuai dengan kemampuan mereka besarnya realisasi dana yang dialokasikan di bidang infrastruktur menjadi bukti bahwa saat ini sudah mampu menjadi salah satu sumber dana komplemen untuk pembiayaan pembangunan.


Selama periode kedua kepemimpinan saya tahun 2016 2020 ini telah dan akan di bangun infrastruktur baik Jalan maupun bangunan senilai Rp. 45.145.309.301 yang tersebar di beberapa Kecamatan yaitu Kecamatan Muara Papalik, Betara, Tebing Tinggi, Tungkal Ilir, Tungkal Ulu dan Kecamatan Kuala Betara.


Diperiode ini kami merasakan bahwa Sinergi antara pemerintah dan dunia usaha telah berjalan dengan baik Banyak program dan kegiatan yang dilaksanakan perusahaan merupakan rencana kerja prioritas Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat seperti pembangunan rumah dinas Camat, pembangunan kantor camat Rehab fasilitas seluruh pembangunan rumah Dinas Danramil serta pembangunan jalan di Sungai Dungun dan Serdang Jaya yang masih dalam proses.


Saya juga menyampaikan kepada pimpinan perusahaan yang tergabung dalam forum TJSLP yang telah dengan sungguh-sungguh melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kegiatan sosial keagamaan kegiatan pendidikan dan kesehatan serta pembangunan infrastruktur Yakinlah kegiatan-kegiatan yang telah perusahaan saudara lakukan tidak akan mengurangi sedikitpun gerak langkah perusahaan-perusahaan saudara semua di Tanjung Jabung Barat.


Akan tetapi justru akan menjadi salah satu faktor yang akan mendorong perusahaan saudara dapat terus berkembang lebih maju dan berkelanjutan.


Akhirnya melalui forum TJSLP ini saya menghimbau tetaplah baterai protokol kesehatan demi segera memutuskan penyebaran virus covit 19 agar supaya kehidupan kita berbangsa dan bermasyarakat segera pulih seperti sediakala.


Sementara laporan kepala Bappeda Tanjung Jabung Barat yang dibacakan oleh sekban Feri Noprianto SE menyampaikan Pada kesempatan kali ini acara digelar secara virtual meeting karena masih dalam suasana pandemi covid 19 yang masih melanda dan Untuk tetap berupaya menyelenggarakan kegiatan forum tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan tahun 2020 ini demi tetap menjaga silaturahmi dan komunikasi yang Harmonis.


Selama ini kalangan dunia usaha sudah mengambil peran dan partisipasi yang besar dan aktif dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui program-program kegiatan yang dilaksanakan baik atas inisiatif sendiri maupun yang berasal dari usulan kelompok masyarakat usulan Desa usulan Kecamatan maupun Usulan pemerintah Kabupaten sendiri.


Oleh karena itu pada kesempatan ini kami juga berharap kepada para pemimpin perusahaan bahwa kedepan seluruh program dan kegiatan yang akan dilaksanakan hendaknya di komunikasi ke sekretariat forum yang dalam hal ini adalah Bappeda guna dilakukan verifikasi Apakah rencana tersebut sesuai prioritas pemerintah atau kegiatan tersebut sudah atau dikerjakan melalui APBD Kabupaten tujuannya adalah agar tidak terjadi duplikasi kegiatan antara kegiatan yang didanai melalui APBD dengan pendanaan dari dunia usaha.


Dalam kesempatan ini kami laporkan Sampai dengan saat ini keanggotaan forum TJSLP Kabupaten Tanjung Jabung Barat mencapai 56 perusahaan menurun dari tahun lalu hal ini terjadi karena adanya perusahaan yang telah menutup usahanya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat hal ini juga berarti masih kurang empat perusahaan untuk mencapai target yang ditetapkan selama 5 tahun.


Sejak dilaksanakan program pada tahun 2012 sampai dengan saat ini telah terakumulasi realisasi 118.613.625.877 band sementara selama periode kepemimpinan Bupati dari tahun 2016 2020 realisasi TJSLP sebanyak 90.400.978.905 tersebut merupakan akumulasi dari kegiatan di bidang ekonomi sebesar Rp. 17.203.935.418. Dari bidang pendidikan Rp. 19.509.401.649 dari bidang kesehatan 3.511.244.742 dari bidang sosial budaya 7.418.128.010 dari bidang infrastruktur 39.329.436.652 dan bidang lingkungan 3.428.832.434.


Sementara realisasi tahun ini dari laporan perusahaan yang telah masuk ke sekretariat realisasinya adalah sebesar 11.899.201.555 dengan realisasi paling besar di bidang infrastruktur 6.080.196.130. Dan terendah di bidang lingkungan yaitu 390.429.134.


Rendahnya realisasi tahun ini adalah karena masih terdapat kegiatan pembangunan infrastruktur tertunda pengerjaan akibat terjadinya pandemi covid 19.


Pada penyelenggaraan Kali ini pemerintah Kabupaten juga akan menyampaikan apresiasi bagi 2020 yang telah melaksanakan program pada tahun 2020 berupa pemberian ragam perhargaan.


Kesuksesan program TJSLP dapat diketahui ketika program yang diluncurkan merupakan jawaban atas kebutuhan bersama baik pemerintah masyarakat maupun perusahaan yang dirancang untuk mengintegrasikan seluruh kepentingan yang mengikutinya.


Pada kesempatan ini sekretariat forum TJSLP menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak perusahaan yang telah merencanakan dan melaksanakan program di Kabupaten Tanjung Jabung Barat baik program yang dilaksanakan karena permintaan yang diajukan oleh masyarakat lembaga dan pemerintah melalui rapat kerja forum TJSLP maupun program kerja perusahaan. (Anto)