Launching BLT Masyarakat Terdampak Covid, Bupati Harap Bantuan Disalurkan Tepat Sasaran -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Launching BLT Masyarakat Terdampak Covid, Bupati Harap Bantuan Disalurkan Tepat Sasaran

tuntas.co.id

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS berharap Bantuan Langsung Tunai (BLT) dapat disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada kegiatan Launching bantuan langsung tunai (BLT) terdampak covid 19 melalui BTT-APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020. Jumat (13/11).

Kegiatan yang diselenggarakan di Halaman Kantor POS Kuala Tungkal ini, juga turut dihadiri oleh Forkopimda, Kepala OPD, Kepala PT. POS Jambi, Camat, Lurah dan Kades, serta masyarakat penerima BLT.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Sosial, Sarifudin M.M, bantuan langsung tunai ini akan disalurkan kepada 3910 Kepala Keluarga yang terdampak pandemi Covid 19 di Tanjab Barat. Ia juga sampaikan, data penerima bantuan ini merupakan usulan Kepala Desa atau Lurah melalui camat kepada tim gugus tugas Penanggulangan Covid 19 Tanjab Barat yang selanjutnya akan melakukan verifikasi dan validasi data.

"Penerima BLT ini merupakan Masyarakat terdampak Covid 19 yang tidak menerima bantuan lain program pemerintah, seperti pkh, bpnt, blt kemensos, jps provinsi Jambi, blt dana desa," jelasnya.

Menurut Sarifudin, penyaluran bantuan yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Tanjab Barat ini, akan dilakukan dalam 2 tahap. Terhitung bulan Mei, Juni, Juli, dibayarkan langsung pada tahap pertama, sedangkan tahap kedua merupakan bantuan untuk bulan Agustus dan September.

Kepala kantor pos jambi, apresiasi atas kepercayaan untuk menyalurkan bantuan blt terdampak covid 19 tanjab barat, selain itu juga blt kemensos, dan blt provinsi jambi,

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya sampaikan bahwa pemberian bantuan langsung tunai ini merupakan salah satu upaya Pemkab Tanjab Barat dalam pemulihan dan pelayanan dasar ekonomi masyarakat. Ditambahkannya, selain bantuan ini, Pemkab Tanjab Barat juga telah menyalurkan bantuan sosial melalui dana desa dan bantuan UMKM bagi pelaku usaha kecil, serta penyaluran bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jambi.

"Saya Berharap, Bantuan Langsung Tunai APBD ini dapat mendorong dalam meningkatkan pendapatan dan belanja masyarakat yang sempat menurun akibat dampak pandemi Covid 19," harap Bupati.

Terkait data penerima bantuan, Bupati tegaskan agar pihak-pihak terkait dapat melakukan verifikasi dan validasi dengan teliti, sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau tidak tepat sasaran.

Bupati juga himbau Lurah, Kepala Desa dan RT untuk dapat membantu terkait urusan administrasi bagi warganya yang berhak menerima bantuan, sehingga bantuan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan launcing BLT diakhiri dengan penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai kepada 5 orang perwakilan penerima secara langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat.(Anto)