Ingin Replanting Kebun Tapi Terkendala Dana, Menangkan Hds-Tullah Menjadi Solusi Tepat -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Ingin Replanting Kebun Tapi Terkendala Dana, Menangkan Hds-Tullah Menjadi Solusi Tepat

tuntas.co.id


MURATARA - Faktor usia pohon sawit menjadi salah satu penyebab turunnya produksi sawit.

Solusi agar produksi kelapa sawit tetap bertahan harus dilakukan replanting, tapi untuk melakukan itu tidak semudah membalik telapak tangan , banyak dana yang harus disiapkan  mulai dari penyewaan alat berat, bibit, pupuk dan biaya perawatan. 

Persoalan diatas juga dialami Warga Desa Mulya Jaya Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara. 

"Kami dari tahun sebilan puluhan suda menanam sawit sampai saat ini usia nya cukup tua, Untuk  panen saja sudah sulit karena pohonnya sudah tinggi, hasilnya juga menurun. kata Selamat (40) saat acara silahturahmi dan konsolidasi team  bersama H. Devi Suhartoni. Rabu (14-10) 

Rendahnya produktivitas kebun sawit rakyat ini karena dua sebab yang paling dominan, yakni usia tanaman yang sudah tua, serta bibit pohon sawit yang tidak berkualitas,  maka dari itu harus ada itikat baik dari Pimpinan Daerah yang terkoneksi dengan Pemerintah Pusat untuk menangani hal itu. 


"Kami lihat salah satu  Program Unggulan Hds-Tullah adalah pertanian Pro Rakyat, termasuk replanting sawit, kemudian juga dibantu bibit, pupuk serta pembinaan petani. jadi solusinya kami akan menangkan beliau (Hds-Tullah) nanti kita tunggu saja dilaksanakan atau tidak program ini," kata Agun (45) Warga Desa Mulya Jaya ini. (ari)