Tunjukan Semangat Berdesa, Pendamping Desa se-Tabir Raya Gelar IST -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Tunjukan Semangat Berdesa, Pendamping Desa se-Tabir Raya Gelar IST

tuntas.co.id


MERANGIN - Tingkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Kabupaten Merangin yang bertugas di Tabir Raya, menggelar In Service Training (IST) Klaster di Kantor Desa Tambang Baru, Kamis pagi (10/9/2020).

IST Klaster dalam rangka meningkatkan kapasitas Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang bertugas di Tabir Raya ini, dihadiri langsung  oleh Tenaga Ahli Infrastruktur (TA-ID) Emy Marlesy, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Feriyanto, dan Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (PED) serta Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TTG).

Bebagai materi yang dibahas mulai dari pencegahan Konvergensi Stunting Tahun 2020, tugas Kader Pembangunan Manusia KPM), realisasi Fisik Dana Desa (DD), sampai ke pembukuan administrasi BUM Desa.


Ketua Koordinator Klaster Tabir Raya Abdul Road, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Rakor ini benar-benar sangat membantu terhadap kinerja rekan-rekan PD dan PLD untuk modal dalam menfasilitasi Desa dilapangan.

"Kegiatan Klaster ini sangat terbantu sekali bagi kita, karna berbagai materi yang disampaukan oleh Tenaga Ahli dari Kabupaten, yang jelas menyangkut tentang tugas dan kewajiban dalam mendampingi Desa," singkatnya.

Sementara itu TA-ID Emy Marlesy, dalam sambutannya mengatakan kegiatan IST klaster ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap bulannya untuk meningkatkan kapasitas pendamping desa khususnya dalam 8 kecamatan yang ada di wilayah tabir serumpun.


Selain itu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dijadikan sebagai tempat berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang persoalan di desa, serta dapat mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar sesama pendamping desa.

"Harapannya dengan IST ini persoalan pendampingan di desa bisa didiskusikan bersama. Kegiatan ini harus rutin dilakukan karena manfaatnya sangat besar," ujarnya.(shu)