Disbunnak Muarojambi Dorong Peternak Sapi Memanfaatkan KUR -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Disbunnak Muarojambi Dorong Peternak Sapi Memanfaatkan KUR

tuntas.co.id

MUAROJAMBI - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Muarojambi berupaya mendorong Peternak setempat untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), namun hingga saat ini masih banyak peternak sapi di kecamatan kumpeh ulu kabupaten muarojambi yang belum memanfaatkan program tersebut.

Kepala Disbunnak Muarojambi Zulkarnaini mengatakan untuk membantu dan memberdayakan para petani dan peternak, pemerintah telah meluncurkan berbagai kredit program dengan Insentif yang diberikan kepada para debitur berupa subsidi suku bunga.

"Salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah adalah Kredit Usaha Rakyat atau kUR Namun, hingga saat ini, masih banyak peternak khususnya di Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi yang belum memanfaatkan program Kur tersebut," kata Zulkarnain, Senin (13/7/20).

Untuk itu KUR ini merupakan program Pemerintah dan sangat membantu para peternak sapi, karena bisa digunakan peternak untuk mengembangkan usaha mereka, baik untuk penggemukan maupun pembiakan ternak

"Dengan bunga enam oersen, KUR ini sangat menarik dan membantu peternak dalam mengembangkan usaha ternak mereka, apalagi sektor peternakan merupakan usaha produktif, mulai pembibitan dan Budidaya sapi hingga usaha peternakan pola integrasi, yang bisa menghasilkan nilai jual tinggi," ujarnya.

Selain itu dirinya menyebut yang pasti dana KUR sangat bermanfaat bagi para peternak untuk mengembangkan usahanya, kemudian kalau pun ditinjau dari Penyalahgunaan dana kur inipun sangat kecil, karena perbankan akan menahan beberapa bulan angsuran peternak sebelum panen.

Terpisah Kepala b
bidang Peternakan, Teguh Sarianto berharap dengan adanya KUR bisa jadi Stimulus bagi peningkatan Produktivitas peternakan dan para peternak dapat memanfaatkan program kur dengan baik. 

"Untuk itu mudah-mudahan program ini bermanfaat bagi para peternak, karenanya manfaatkanlah dengan baik," terangnya. (EN)