Aplikasi Lancang Kuning dan Asap Digital Membantu Pencegahan Karhutla, Titik Kebakaran Dipantau Lewat CCTV -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Aplikasi Lancang Kuning dan Asap Digital Membantu Pencegahan Karhutla, Titik Kebakaran Dipantau Lewat CCTV

tuntas.co.id

MUAROJAMBI - Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kabupaten Muarojambi, Polres Muarojambi mengundang seluruh perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan untuk memfokuskan dan menitik beratkan pencegahan Karhutla di Muarojambi.

Disampaikan Waka Polres Muarojambi Muchamad Fajar Gemilang, saat ini telah ada Aplikasi Lancang Kuning dan Asap Digital dengan harapan itu bisa dapat menangani Karhutla di Kabupaten Muarojambi 

"Untuk aplikasi pertama itu namanya Lancang Kuning, bisa diupload masyarakat, dan relawan, cara kerja aplikasi Lancang Kuning bisa melihat titik api, dan di situ juga akan terlihat koordinasi kepolisian khususnya dalam rangka pencegahan dan penanganan Karhutla," sebut Waka Polres, Rabu (8/7/20).

Aplikasi yang kedua bernama Asap Digital yang dikomandoi atau Leading Sektor oleh Polda Jambi, khusunya Reskrimsus Polda Jambi untuk bisa mengetahui titik api maupun titik asap.

"Konsepnya menempatkan CCTV berbasis IT sehingga secara Real-time dia bisa memonitor sumber asap atau titik api dimana saja yang ada di wilayah Kabupaten Muarojambi," jelasnya. (EN)