Masjid Penuh, Gereja Buka Pintu Dijadikan Tempat Salat Jumat -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Masjid Penuh, Gereja Buka Pintu Dijadikan Tempat Salat Jumat

tuntas.co.id

TUNTAS.CO.ID - Kegiatan keagamaan di Jerman boleh berjalan sejak 4 Mei 2020 lalu,  dengan menjaga jarak sekitar 1,5 meter antar individu.

Kebijakan tersebut membuat Masjid Dar Assalam yang berada di distrik Neukolln hanya bisa menampung sebagian jemaah.

Melihat itu, pada pelaksanaan salat Jumat di hari terakhir Ramadan, Gereja Martha Lutheran menawarkan bantuan dengan mempersilakan jemaah yang tidak tertampung di masjid Dar Assalam untuk beribadah di dalam gereja.

“Pandemi ini membuat kita menjadi sebuah komunitas, krisis membuat orang untuk semakin erat bersilaturahmi. Ini adalah tanda yang baik dan dapat membawa kebahagiaan,” kata imam Masjid Dar Assalam.

Seorang jamaah, Samer Hamdoun menyebut awalnya merasa sedikit kurang nyaman karena adanya berbagai ornamen atau instrumen musikal yang ada di dalam gereja.

“Tetapi ketika kamu melihat lebih dalam, ketika kamu melupakan segala detil kecilnya pada akhirnya ini adalah rumah Tuhan,” ungkap Samer Hamdoun.

Pastor Gereja Martha Lutheran memberikan kalimat dalam bahasa Jerman. 

"Dan selama ibadah berlangsung, saya menyetujui segala hal yang disampaikan oleh imam karena kita memiliki perhatian yang sama dan kita juga ingin belajar dari kalian. Tak hanya itu, merasakan hal tersebut mengerti satu sama hal adalah hal yang indah untuk dilakukan," katanya. (*)