Anggota DPRD Minta Pemkab Muratara Konfirmasi Transparansi Penggunaan Dana Covid-19 -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Anggota DPRD Minta Pemkab Muratara Konfirmasi Transparansi Penggunaan Dana Covid-19

tuntas.co.id


Hermansyah Samsiar
MURATARA, TUNTAS.CO.ID - Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara dari Partai Keadilan Sejahtera Hermansyah Samsiar meminta Pemkab konfirmasi transparansi kepada DPRD soal dana Covid-19.

Walaupun secara aturan DPRD memang tidak dilibatkan secara langsung terhadap penganggaran dana kemanusian Covid 19, namun ia meminta ada penyampaian kepada DPRD guna bisa menjelaskan kepada kepada rakyat yang sering bertanya. 

"Walaupun dalam regulasi, baik itu Perppu No 1 thn 2020, Permendagri no 20 thn 2020 dan edaran Presiden memang DPRD tidak dilibatkan, namun DPRD kan punya fungsi pengawasan, misal untuk edukasi seperti apa, dananya berapa, begitupun juga untuk eksistensinya seperti apa dan berapa dll, sehingga kita bisa menjawab jika rakyat bertanya kalau tidak ada komunikasi apa yang mau kita jawab," ujarnya saat diwawancara usai Paripurna di gedung DPRD Muratara, Rabu(29/04/2020).

Kemudian pria asal Kecamatan Rawas Ilir ini juga menyampaikan bahwa merekaa (DPRD red) berhak bertanya soal anggaran. 

"Inikan dana tidak terduga, jadi kami berhak bertanya, berapa dana yang telah terealisasi mana belum, kita tidak minta harus teralisasi semua, dan dana itu bisa habis, bisa kurang atau lain lain, tapi paling tidak ada konfirmasi transpantif terhadap kami, supaya rakyat tidak menilai kami tidak peduli, tidak berkualitas dll" tembah ketua DPD PKS Muratara ini.

Untuk diketahui, Pemkab Muratara menggelontorkan dana mencapai Rp46 miliar untuk penanganan Covid-19 di Muratara. (hd/ari)