Ma'had UIN STS Jambi akan Jadi Pencetak Kader Ulama Berbasis Kitab Kuning -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Ma'had UIN STS Jambi akan Jadi Pencetak Kader Ulama Berbasis Kitab Kuning

tuntas.co.id

Aktivitas pendidikan di Ma'had UIN STS Jambi
JAMBI, TUNTAS.CO.ID - Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Su’aidi, MA, Ph.D menjadikan Ma’had Al-Jamiah UIN STS Jambi sebagai wahana mencetak kader ulama yang intelektual.
“Ma’had mahasiswa merupakan program Kemenag RI. Pesantren bagi mahasiswa yang berada dalam lingkungan kampus UIN STS Jambi sebagai lembaga melahirkan kader ulama” ujarnya pada saat rapat internal pengurus Ma’had, Sabtu (22/2/2020) di ruang rektor kampus UIN Telanaipura.
Ma’had pesantren kampus ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman kajian keagamaan dan bahasa, dengan merujuk kitab – kitab klasik kitab kuning karangan para ulama termasyur.
"Kita harapkan mahasiswa yang bermukim di Ma’had akan menjadi pilar UIN untuk membangun SDM yang unggul yang mempunyai nilai lebih dari mahasiswa yang tinggal di luar Ma’had," arapnya.
Rapat di ruang rektor UIN STS Jambi
Untuk menopang keunggulan pendidikan Ma’had, kita mempersiapkan para tenaga pendidik yang mumpuni di bidang Ilmu Tafsir, Hadist, Fikih, Balgah, Ilmu alat seperti Nahwu Shorof dan juga yang amat penting penguatan pada bidang Bahasa Arab dan Inggris.
"Tenaga pengajar di Ma’had tentu juga berasal dari para dosen baik alumni dalam dan luar negeri  seperti Timur Tengah dan Barat."
Di samping sebagai penguatan kader ulama berbasis kitab kuning, juga sebagai tempat para Hafiz Hafizoh menyetor hapalan Al-Qur’annya yang di bimbing para Hafiz UIN STS Jambi.
"Ma’had ini kita rancang semacam pola pesantren baik kurikulumnya maupun tatakelolanya yang kita harapkan alumni Ma’had kampus ini menjadi Icon bagi masyarakat diluar sana. Pokoknya para alumni Ma’had UIN STS Jambi siap disegala bidang  berdiri ditengah masyarakat," papar rektor.
Geudng Ma'had UIN STS Jambi
Dalam mempersiapkan mahasantri baru tahun ini pihak UIN STS Jambi terus melakukan pembenahan baik infrastruktur maupun kurikulum.
"Kita harap program kader ulama melalui Ma’had Al-Jamiah UIN STS Jambi kedepan mendapat respon bagi pemerintah daerah untuk menitip  kader ulamanya di Ma’had Al-Jamiah UIN STS Jambi  persiapan ulama muda yang intelektual yang lahir dari UIN STS Jambi untuk bangsa dan negara," pungas rektor. (mar)