Baru Dibangun, Sarana Air Baku di Kelurahan Tungkal 5 Sudah Rusak dan Air yang Keluar Asin -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Baru Dibangun, Sarana Air Baku di Kelurahan Tungkal 5 Sudah Rusak dan Air yang Keluar Asin

tuntas.co.id

Lokasi sarana air bersih yang baru dibangun di Tungkal Lima | Anto
TANJABBAR, TUNTAS.CO.ID -  Prasarana pengambilan air untuk air baku di bawah pengawasan  BWSS VI di Tungkal Lima, Tanjabbar ternyata tidak berfungsi maksimal.

Kini mulai mengalami kerusakan berbagai fisik bangunannya, juga air yang dihasilkan terasa asin dan keruh.

Proyek pembangunan BWSS Vl ini dibangun oleh CV. Sentral Tampines pada Desember 2019 lalu. 

Razak, salah-satu warga RT 06 Kelurahan Tungkal Lima Kecamatan Seberang Kota mengaku kecewa, karena dirinya telah menghibahkan tanahnya 10x10 meter untuk lokasi bangunan BWSS Vl itu. 

"Hasilnya tidak memuaskan warga, apalagi kami sangat berharap dengan adanya pembangunan prasarana pengambilan air baku ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kelurahan Tungkal 5 yang memang sangat kesulitan air.Padahal saat mengerjakan sumur bor mereka memakai alat yang digerakkan serba pakai mesin,tapi hasilnya sangat mengecewakan," ujarnya.

Pada fisik  bangunan sudah mengalami kerusakan, bak penampungan air bocor. Bahkan lantai nya juga mengalami keretakan serta penurunan.

"Kami/warga berkali-kali berupaya untuk menghubungi konsultan maupun pengawas dari BWSS Vl.Ternyata hanya memberikan jawaban nanti akan diperbaiki," ujar Razak.  

Hingga hari ini kondisi bangunan tersebut belum diperbaiki dan terkesan terbengkalai.

Sementara, Basuki selaku konsultan pengawas dari CV Estetika Panca Sanjaya membenarkan adanya kerusakan pada bak primer . 

"Jebolnya sekat bak primer disebabkan debit air yang mengalir antara bak ke bak lainnya," jawab Basuki. 

Dia bilang pihak rekanan sudah memperbaikinya, namun ia tidak monitor lagi apakah sudah sampai perbaikannya ke Tungkal 5 atau belum.

"Pembangunan prasarana air ini ada 8 titik dan informasnya kerusakan terjadi di 3 lokasi. Sekarang saya tidak mengawasinya karena masa pengerjaannya telah selesai jelas," Basuki. 

Terkait anggaran, Basuki tidak mau menjawab.

Lurah Tungkal 5,  Efendi membenarkan adanya kerusakan itu. Ia juga menegaskan bahwa pihak rekanan tidak pernah menemuinya terkait pembangunan tersebut. 

"Kami sangat berharap bangunan ini dapat bermanfaat dan berfungsi dengan baik, apalagi dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan MTQ tingkat kabupaten di kelurahan ini. Jadi memang ketersediaan sarana air baku sangatlah kami butuhkan untuk para tamu dan kafilah yang akan mengikuti kegiatan MTQ nanti," katanya.

"Harapan kami pihak rekanan ataupun BWSS secepatnya memperbaiki sehingga pada masa hajatan MTQ sudah dapat kami gunakan," tandasnya. (*)

Reporter : Anto