Dua Perguruan Tinggi di Papua Dapat 'Hadiah' Fasilitas Olahraga Mewah -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Dua Perguruan Tinggi di Papua Dapat 'Hadiah' Fasilitas Olahraga Mewah

tuntas.co.id


JAKARTA, TUNTAS.CO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan prasarana olahraga dan kewirausahaan dua Universitas di Provinsi Papua, yakni Universitas Cendrawasih Kota Jayapura dan Universitas Musamus Kabupaten Merauke. Dukungan infrastruktur tersebut bertujuan untuk mendukung fokus Pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta memberikan ruang pembinaan bagi atlet dan pengembangan prestasi olahraga nasional.

Pembangunan prasarana olahraga dan kewirausahaan kedua universitas di Papua tersebut telah mulai dikerjakan pada 8 Juli 2019 dengan anggaran masing-masing sebesar Rp 48,3 miliar. Untuk Universitas Cendrawasih pekerjaannya meliputi pembangunan tribun lapangan sepak bola, penataan area di sekeliling bangunan tribun lapangan sepak bola, pembangunan kolam renang, dan penataan lansekap di sekitar kawasan perencanaan dengan progres konstruksi mencapai 53,6%. Sedangkan Universitas Musamus meliputi pembangunan Gedung Olahraga (GOR), penataan ruang untuk berwirausaha di sekeliling bangunan GOR, dan penataan lansekap di sekitar kawasan perencanaan dengan progres 40,2%.


Kawasan Universitas Cendrawasih memiliki luas 5 hektar yang terdiri dari 6 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Ilmu Keolahragaan. Kampus ini berada di Jalan Kamp Wolker Waena, Jayapura. Sementara Universitas Musamus berada di Jalan Kamizaun Mopah Lama, Merauke dengan luas kawasan 4 hektar.

Selain di Papua, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga melakukan pembangunan prasarana olahraga dan kewirausahaan di Provinsi Papua Barat, yakni di Universitas Papua, Kabupaten Manokwari dengan luas kawasan sebesar 7,2 hektar. Anggaran pembangunannya sebesar Rp 48,3 miliar yang meliputi pekerjaan gelanggang olahraga, pembangunan lapangan sepak bola, pekerjaan gedung kewirausahaan, penataan ruang terbuka hijau (RTH), jalur pedestrian, dan pembangunan gerbang kawasan.

Pada tahun 2019 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan tugas tambahan untuk melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, perguruan tinggi, pasar dan membangun sarana prasarana olahraga. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kementerian PUPR membentuk Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) dibawah Ditjen Cipta Karya.

PSPPOP juga mendapat tugas membangun fasilitas olahraga dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang berlangsung di Provinsi Papua. Bangunan baru yang dikerjakan adalah empat venue, yakni Istora, Akuatik, Hoki, dan Kriket. (*)