Wabup Amir Sakib Hadiri Jamuan Makan Malam Gubernur Jambi Bersama LSM Rikolto Belgia -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Wabup Amir Sakib Hadiri Jamuan Makan Malam Gubernur Jambi Bersama LSM Rikolto Belgia

tuntas.co.id



TANJABBAR, TUNTAS.CO.ID - Dalam rangka memperingati 70 tahun Pembukaan Hubungan Diplomatik Belgia dan Indonesia, Gubernur Jambi kedatangan tamu dari Belgia yang tergabung dalam LSM Rikolto, Jumat (11/10/2019).

LSM ini datang ke Jambi untuk menyelenggarakan kegiatan ekpose dan pendampingan di bidang pertanian dan perkebunan.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi mengucapkan selamat datang kepada LSM Rikolto di Provinsi Jambi.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan selamat datang kepada LSM Rikolto beserta rombongan di tanah sepucuk Jambi sembilan lurah dalam agenda Ekpose kerjasama dan pendampingan di bidang pertanian dan perkebunan yang mana selama kurang lebih 3 tahun ini LSM Rikolto telah membina petani kopi, terutama di kayu aro Kerinci dan di Jangkat Merangin," ungkapnya

Lanjut, Gubernur Jambi bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Daerah terus berupaya untuk mempromosikan Kopi Jambi, salah satu upaya promosi tersebut adalah dengan menjadi tuan rumah pada hari Kopi Internasional yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Luas perkebunan kopi di Jambi sampai tahun 2017 adalah 27,166 hektar yang terbesar di 10 Kabupaten/kota dengan jumlah petani 27,195 KK, kopi Jambi ini sangat unik karena terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu robusta, Arabica dan Liberika.

"Dua jenis kopi Jambi tersebut bahkan sudah mendapat sertifikat Indikasi Geografis dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, yaitu Kopi kerinci dan Kopi Liberika Tungkal Komposit," tambahnya

Diakhir sambutan Gubernur Jambi mengucapkan terima kasih kepada LSM Rikolto dari Belgia yang telah banyak membantu dan mendampingi petani dalam pengembangan Kopi di Jambi.

"Provinsi Jambi sangat senang sekali dengan kegiatan LSM Rikolto dari Belgia yang telah banyak membantu kapasitas building bagi petani kecil dengan mendampingi kelompok tani yang difokuskan kepada kegiatan pertanian berkelanjutan, pengembangan rantai pasok dan pemberdayaan petani yang didukung oleh DG Development cooperation, Kemenlu Belgia dan Kemendagri RI dan juga mendapat dukungan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi yang telah banyak berbuat untuk pengembangan Kopi Jambi," pungkasnya. (anto)