Konflik Agrararia di Indonesia Akan Segera Dipetakan -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Konflik Agrararia di Indonesia Akan Segera Dipetakan

tuntas.co.id



JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Jumat lalu, Presiden Joko Widodo melantik 12 orang Wakil Menteri Kementerian/Lembaga. Surya Tjandra adalah salah satu yang dipercaya untuk mendampingi Sofyan A. Djalil dalam upaya memenuhi target dan prioritas program kerja di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Sebagai Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra diberikan tugas khusus oleh Presiden.

“Yang pertama tugas dari Pak Jokowi adalah khusus membantu Pak Menteri terkait penyelesaian sengketa agraria. Jadi yang saya lakukan pertama adalah melakukan pemetaan sengketa agraria di seluruh Indonesia apa saja,” ujar Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN pada saat wawancara dengan Metro TV pada Program Primetime News, Senin (28/10).


“Saya juga diminta untuk membantu secara khusus soal digitalisasi pelayanan yang sangat penting supaya cepat dan warga betul-betul terlayani dengan baik dan persiapan untuk big data system di dalam kementerian ini,” tambahnya.

Pengalaman Surya Tjandra sebagai seorang aktivis pada Lembaga Bantuan Hukum dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dianggap mumpuni dalam membantu Kementerian ATR/BPN menyelesaikan permasalahan pertanahan. “Saya sebagai Wamen tidak keberatan untuk datang, kalau perlu saya menginap di tempat yang berkonflik itu dan kita cari solusi sama-sama. Yang kedua, masyarakat itu butuh kepastian jadi kalau memang ada dasar hukum ya diberikan,” tambah Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN.

Di akhir wawancara Surya Tjandra optimistis dapat membantu Kementerian ATR/BPN. “ATR/BPN ini lembaga sangat besar, mestinya kalau kami bergerak secara baik yang mengalami dan menikmati manfaatnya sangat luar biasa di negeri ini, saya optimistis mudah-mudahan saya bisa berkontribusi di Kementerian ini,” pungkas Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini. (AM)