Kilas Balik Pemilu 2019, Alber Trisman: Sukses Pemilu Tak Terlepas dari Peran Masyarakat -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Kilas Balik Pemilu 2019, Alber Trisman: Sukses Pemilu Tak Terlepas dari Peran Masyarakat

tuntas.co.id


MERANGIN, TUNTAS.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merangin, mengundang Organisasi Kepemudaan (OKP), Ormas dan sejumlah elemen masyarakat, di Kabupaten Merangin, Kamis (10/10).

Dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu Partisipatif dalam rangka kilas balik penyelenggaraan pengawasan pemilu tahun 2019, di aula Hotel Family Inn Bangko tersebut, Bawaslu Merangin mendapatkan banyak masukan dan kritikan atas penyenggaraan pemilu dari OKP Ormas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Merangin Alber Trisman mengatakan, masukan dan kritikan ke pihaknya sangat dibutuhkan sebagai masukan, perbaikan pengawasan guna suksesnya penyelenggaraan pemilu kedepan.

Menurutnya kualitas pemilu tidak bisa terlepas dari peran serta atau partisipasi aktif dari elemen masyarakat. Karena berbagai kendala, penyelenggaraan dan pengawasan pemilu tidak bisa hanya mengandalkan penyelenggara.

"Mensukseskan pemilu tidak bisa terlepas dari peran masyarakat. Karena berbagai kendala seperti topografi dan hal lain sebagainya tidak bisa hanya mengandalkan penyelenggara saja," ungkap Alber.

Dengan demikian lanjut dikatakan Alber, sengaja pihaknya mengundang para OKP, Ormas, dan elemen masyarakat lainnya ada PMII, HMI, Pemuda Muhammadiyah, NU, GP ANSOR, Fatayat NU, KNPI lainnya sebagai bentuk keterbukaan dan untuk memberikan masukan.

"Yang kami undang hari ini kami anggap sebagai wakilnnya masyarakat. Bisa hadir dan memberikan masukan masukan. Karena sesungguhnya secara formal betul Bawaslu yg mengawasi. Tapi secara kontitusi masyarakat juga mengawasi pemilu," tegasnya.

Untuk diketahui, hasil evaluasi penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019, Bawaslu Kabupaten Merangin terbanyak kedua setelah kota Jambi dalam menangani pelanggaran pemilu serentak beberapa bulan lalu.(may)