Al Haris Ajak Tangkal Paham Radikalisme dan Intoleran -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Al Haris Ajak Tangkal Paham Radikalisme dan Intoleran

tuntas.co.id



MERANGIN, TUNTAS.CO.ID - Radikalisme dan intoleran sedang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bupati Merangin Al Haris, mengingatkan agar masyarakat Merangin untuk waspada.

Hal tersebut diungkapkan Al Haris usai menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Merangin, Selasa (1/10). Al Haris meminta agar semua elemen teguh menjaga Pancasila sebagai ideologi berbangsa.

"Pancasila kesadaran filsafat hukum dan sumber kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila itu ideologi yang mempersatukan,’’ kata Al Haris.

Al Haris katakan, ditengah era keterbukaan informasi seperti saat ini, bahaya radikalisme dan perpecahan terus mengintai generasi muda Indonesia. Minimnya pemahaman terhadap Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara, mengakibatkan perpecahan.

‘’Nilai-nilai kearifan Pancasila dipandang perlu dibumikan kembali di tengah-tengah kaum muda untuk menguatkan semangat persatuan," ujar Al Haris.

Pada kesempatan itu dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat  untuk mencegah semua kegiatan yang bisa merusak sendi-sendi Pancasila dan kemunculan radikalisme.

‘’Radikalisme harus ditangkal dengan Pancasila sebagai ideologi pemersatu ikatan kita sebagai bangsa Indonesia untuk keutuhan NKRI. Ideologi Pancasila ini tidak bisa diubah dengan ideologi lainnya,’’ tegasnya.(may)