Wabup Tanjabbar Tak Ragu dengan Sinergisitas Pemadaman Karhutla, Masalahnya Peralatan Minim -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Wabup Tanjabbar Tak Ragu dengan Sinergisitas Pemadaman Karhutla, Masalahnya Peralatan Minim

tuntas.co.id

Ilustrasi kebakaran lahan di Jambi | istimewa
TANJABBAR, TUNTAS.CO.ID - Kebakaran hutan dan lahan di Tanjung Jabung Barat masih terus terjadi, hal ini  diperparah dengan kondisi lahan di Tanjabbar yang bergambut, sehingga api sangat sulit dipadamkan.

Belum lama ini kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Wabup Tanjabbar Amir Sakib meminta bantuan alat pemadam.

"Kalau sinergitas kita tidak ragu lagi, hanya saja selama ini kita terkendala peralatan, terutama alat untuk lokasi yang sulit dijangkau" ujar Wakil Bupati.

Selain disampaikan permohonan bantuan peralatan, Wabup juga kembali meyampaikan permohonan asuransi bagi Satuan Tugas pemadaman kebakaran hutan dan lahan. 

Menurutnya tugas Satgas Karhutla sangat beresiko terhadap keselamatan jiwa.

"Saya juga mohon kepada BNPB pusat untuk memikirkan asuransi bagi satgas kita ini, sebelumnya juga pernah saya sampaikan pada rapat penanggulangan Karhutla" terangnya.

Menanggapi hal tersebut Marsda TNI (Purn) Abdul Muis, Tim Monitoring dan Evaluasi BNPB mengatakan akan menjadi masukan dan akan disampaikan agar segera dianggarkan sesuai kemampuan anggaran. Menurutnya salah tujuannya turun langsung untuk melihat hal hal dibutuhkan tim di lapangan.

"Kami akan catat termasuk mungkin ada hal hal yang menjadi masukan untuk keberhasilan, efisiensi dan efektifitas pelaksanaan penangan karhutla," katanya.
Sehingga kedepannya sesuai dengan harapan bersama bahwa kasus karhutla ini tidak akan terjadi lagi. (anto)