Wabup BBS Buka Rakor Penyelenggaraan Penetapan dan Penegasan Tapal Batas -->
Cari Berita

Wabup BBS Buka Rakor Penyelenggaraan Penetapan dan Penegasan Tapal Batas

tuntas.co.id


MUAROJAMBI, TUNTAS.CO.ID -  Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui bagian tapal batas Sekretariat Daerah Kabupaten  Muarojambi, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Penetapan dan Penegasan Batas Kabupaten Muarojambi dengan Kabupaten Batanghari pada tahun 2019, Rabu 11 September 2019.

Pelaksanaan rakor ini dilaksanakan karena sampai dengan saat ini masih banyaknya konflik lahan antar desa di Kabupaten Muarojambi. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan oleh Pemerintah Kabupaten Muarojambi.

Pelaksanaan Acara rakor desa tersebut dilaksanakan di Dusun 5 Desa Tanjung Mandiri, Tanjung Lebar, Kecamatan  Bahar selatan, Kabupaten Muarojambi. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno.

Bambang mengatakan bahwa Rakor Penyelenggaraan Penetapan dan Penegasan Batas Desa ini sangat penting terutama bagi kades, lurah, serta camat. Hal lainnya juga penting bagi administrasi kependudukan serta kepastian hukum dari masyarakat setempat.

"Karena batas desa itu harus jelas, kalau tidak bisa menimbulkan‎ kerugian, pertama timbul masalah antara desa yang satu dengan desa yang lain. Bisa-bisa orang per orang, bisa juga Kadesnya sendiri apa lagi masalah tapal batas antar dua kabupaten," tegasnya.

Dalam rakor tapal batas tersebut, BBS menegaskan bahwa persoalan tapal batas ini menyangkut dua Kabupaten yang berbeda. Persoalan tapal batas ini ditarik oleh Provinsi yang kemudian akan didiskusikan di Kementerian.

"Akan tetapi perlu juga didiskusikan antar kedua Kabupaten," pungkasnya. (*)