Putra Asli Papua Jabat Pangdam Cenderawasih -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Putra Asli Papua Jabat Pangdam Cenderawasih

tuntas.co.id


Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) salam komando dengan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab (kanan) dan Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring di Jayapura, Papua, Selasa (17/9) | antara
JAYAPURA, TUNTAS.CO.ID - Kodam XVII/Cenderawasih kini dipimpin oleh putera asli Papua, Mayjen TNI Herman Asaribab. Ia menggantikan Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring yang digeser  ke Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI di Mabes TNI.

Mayjen TNI Herman Asaribab sudah dua kali menjabat Pangdam. Sebelumnya ia merupakan Pangdam XII/Tanjungpura. Tapi sebelumnya ia juga pernah bertugas sebagai Danrem 172/PWY dan Kasdam XVII/Cenderawasih.

Serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Sertijab digelar di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Bukit Polimak, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Selasa (17/9).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan persnya, mengabarkan hal ini. "Jadi Mayjen TNI Herman Asaribab, menjabat Pangdam dua kali, yaitu Pangdam XII/Tanjunglura dan saat ini menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih yang wilayah tanggung jawabnya meliputi Provinsi Papua," kata Candra.

Mayjen TNI Herman Asaribab, adalah putera asli Papua. Ia lahir di Jayapura, 10 Juni 1964.

Herman adalah lulusan Akademi Militer tahun 1988 dan Lemhannas tahun 2014. Ia terbilang kaya akan pengalaman tugas dan sebelumnya telah menempati sejumlah jabatan penting di lingkungan TNI AD.

'Pulang kampung' Herman dipandang sebagai sebuah langkah strategis bagi TNI dan kepentingan nasional. Khususnya di tengah situasi Papua yang belakangan bergejolan dengan isu diskriminasi dan separatisme.(mm)