Cerita Saat Habibie Tetap Tegar Disoraki Anggota MPR Pimpinan Amien Rais -->
Cari Berita

Cerita Saat Habibie Tetap Tegar Disoraki Anggota MPR Pimpinan Amien Rais

tuntas.co.id


Presiden ketiga RI BJ Habibie saat mengikuti sidang di gedung MPR | ist
TUNTAS.CO.ID - Wafatnya presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie membuat bangsa Indonesia berduka.

Di sepanjang jalan saat jenazah Habibie dibawa menuju tempat pemakaman, warga riuh berkpul di sepanjang jalan.

Sebagian warga melambaikan tangan mengucap selamat jalan, banyak juga di antara mereka yang melakukan hormat dan menangis.

Banyak sekali cerita Habibie semasa hidup yang masih bisa dikenang, termasuk saat ia menjadi Presiden RI, berhasil membawa Indonesia dari jurang kebangkrutan.

Namun ada juga cerita pahit yang membuat dada sesak, cerita ini berlangsung saat Habibi ingin menyampaikan laporan pertanggung jawaban sebagai presiden di gedung MPR.

Akun Facebook Muhammad Toha membagikan cerita detik-detik BJ Habibie saat diperlakukan kurang etis di gedung MPR;

Akun Facebook Muhammad Toha membagikan cerita saat sidang MPR 1999

BJ HABIBIE

Sedikit menengok ke belakang, BJ Habibie saat menjabat Presiden RI memang cuma setahun, tapi beliau sukses membawa Indonesia yang kala itu sedang kolaps dari kepemimpinan orde baru menuju yang baik dan sehat.

Namun, dalam setahun itu, ada juga prestasi luar biasa yang hingga kini masih dinikmati, yakni dibukanya kran kebebasan pers.

Sekelumit drama detik-detik BJ Habibie dilengserkan oleh MPR dalam Sidang Istimewa, tanggal 14 Oktober 1999 silam.

Ketua MPR saat itu, Amien Rais, menyatakan tidak menerima laporan pertanggungjawaban Habibie.

Di gedung terhormat yang diisi oleh para orang-orang terhormat, dia (Alm BJ Habibie) dipermalukan seperti begal tak berharga.

Pada 14 Oktober 1999 silam, di Sidang Istimewa MPR, hari itu B.J Habibie sebagai Presiden yang menjabat pasca lengsernya Soeharto, memasuki ruang sidang istimewa MPR yang dipimpin oleh Amien Rais sebagai ketuanya.

Adalah kelaziman protokoler, apabila seorang presiden memasuki ruangan, maka seluruh hadirin menyambutnya dengan berdiri.

Tetapi di layar tivi yang menyiarkan acara ini ke seantero nusantara, pemirsa menyaksikan bagaimana selangkah setelah kaki Habibie memasuki ruangan sidang, gedung MPR tiba-tiba bergemuruh dengan suara: Huuuuuuuuuuuuu berkepanjangan!

Koar itu bergema dari mulut hampir seluruh peserta sidang, dan ditimpali pula oleh teriakan ejekan dari beberapa lintir orang.

Di tivi, Habibie melangkah ringan menuju samping podium dengan tetap melempar senyum lebar ke arah para anggota majelis, yang sebagian tak beranjak dari duduknya.

Cemohan itu baru berhenti setelah Habibie menempati tempat duduknya.

Habibie disidang seperti pesakitan!

Cukup sampai di situ?

Tidak!

Hinaan dan cemoohan itu justru berlanjut manakala Habibie berdiri di podium kenegaraan, untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban presiden.

Hampir sejam Habibie menyampaikan pidato yang berisi keberhasilan Indonesia yang mampu entas dari keterpurukan ekonomi dan politik pascatumbangnya Soeharto, tapi tak sekalipun applause tepuk tangan menyambut pidatonya.

Justru, berulang kali pidatonya terinterupsi oleh suara gaduh dan teriakan, yang tak sekalipun ditegur oleh pimpinan sidang.

Sementara anggota yang tak gaduh dan berteriak, lebih memilih lelap dan tertidur.

Puncaknya ketika pada 20 Oktober 1999, palu sidang yang diketok Amien Rais, menyatakan secara bulat penolakan pertanggungjawaban Habibie sebagai presiden.

Artinya; Habibie dianggap tak becus mengemban amanat sebagai presiden, dan kerja kerasnya memulihkan keterpurukan Indonesia, tak dianggap punya nilai apa-apa.

Bagi pria kelahiran Pare-pare ini, cemoohan dan hujatan sejatinya tak pernah membuatnya risau.

Sebab nyaris tiap kesempatan selama setahun lebih menjadi Presiden, dirinya tak pernah lepas dari hujatan.

Pria yang kala senggang jarinya tak pernah lepas dari tasbih ini, memaklumi hujatan itu sebagai eforia kebebasan pascareformasi.

Tetapi, tatkala kerja keras dan segala daya upayanya dicampakkan sebagai hal yang tak bernilai, B.J Habibie tak mampu menutupi kesedihan hatinya.

Di malam hari setelah MPR menolak pertanggungjawabannya, Habibie menyampaikan pidato yang secara tersirat hendak pamit dari hiruk pikuk dunia politik Indonesia.

Dia hendak menepi serta menarik diri dari segala tetek bengek politik dan kekuasaan.

DanIndonesia kini benar-benar menyaksikan bagaimana setelah meletakkan jabatannya sebagai presiden, Habibie tak sedikitpun tergiur untuk kembali ke dunia politik dan kekuasaan. 

Tatkala beberapa mantan pejabat begitu sulit melepaskan diri dari post power syndrome alias sindrom ingin berkuasa kembali, Habibie justru tetap hening dan tak terpancing untuk tampil kembali.

Habibie memang berhasil menepi dan menarik diri..tetapi beliau tidak bersemedi.

Di hari tuanya sepeninggal Ibu Ainun, beliau masih tetap berkontribusi bagi negeri dengan begitu banyak sumbangsih ilmu dan terobosan teknologi. Habibie memilih menjadi guru bangsa dan teladan abadi, kendati negeri ini pernah mencaci maki dan menghinanya.

Akhir perjalanan politik sampai tua, BJ Habibie dikenang selalu dan Amien Rais menjadi tokoh jalanan seperti yang diungkapkan oleh Alm. Gusdur

Selamat jalan Professor Habibie..Doa tulus dari kami anak negeri, semoga tempat terbaik untukmu.

Alfatihah