Asap Parah, Warga Merangin Mulai Takut Keluar Rumah -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Asap Parah, Warga Merangin Mulai Takut Keluar Rumah

tuntas.co.id


Kapolres Merangin, membagikan Masker kepada pengendara bermotor di depan Mapolres Merangin, Senin (16/9/2019)
MERANGIN, TUNTAS.CO.ID - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Merangin, Senin (16/9/2019) semakin parah.

Makin kabutnya asap di Merangin membuat masyarakat Merangin takut untuk keluar beraktifitas. Banyak warga yang memilih untuk berdiam diri di rumah, karena kondisi udara yang semakin tidak sehat.

"Kami lebih banyak di rumah bae. Takut keluar sekarang, kareno kabut asap semakin parah. Kalau keluar rumah mato teraso nian perih, gatak gatal dan bau asap semakin teraso," kata Tina, warga Pematang Kandis Bangko.

Terpisah, Bupati Merangin Al Haris mengaku prihatin dengan kualitas udara yang sudah membahayakan. Haris meminta agar masyarakat Merangin untuk waspada, serta tidak ikut membakar sampah dan lahan.

"Jangan ada aktivitas masyarakat yang dapat menimbulkan asap, sebab asap yang ada sekarang ini saja, sudah sangat mengganggu kesehatan," ujar Haris, Senin (16/9/2019).

Dikatakan Haris, dia mengintruksikan petugas medis untuk selalu siaga melayani masyarakat.

‘’Saya sudah intruksikan agar petugas medis mulai dari Pustu, Puskesdes, Puskesmas sampai rumah sakit, untuk selalu siaga memberikan pertolongan kesehatan secepatnya kepada warga yang terserang ISPA,’’ ujarnya.

Haris juga minta kepada para orang tua agar melarang anaknya banyak beraktivitas di luar rumah. Sementara sekolah PAUD, TK/RA, SD/MI diliburkan selama Tiga hari kedepan.(fro)