Asap Makin Pekat, PMII Merangin Turun Bagikan Ribuan Masker -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Asap Makin Pekat, PMII Merangin Turun Bagikan Ribuan Masker

tuntas.co.id



MERANGIN, TUNTAS.CO.ID - Kabut asap menyelimuti Kabupaten Merangin akhir ini semakin pekat. Selain menggangu jarak pandang, batuk dan sesak nafas juga terasa akibat udara yang sudah tidak lagi sehat.

Puluhan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Merangin, Sabtu (14/9/2019) lansung tanggap. PMII terpantau turun membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan, di depan kantor bupati Merangin.

Andri Rustandi, Ketua Umum PMII Cabang Merangin mengaku cukup prihatin dengan kondisi pencemaran udara yang semaki parah dalam seminggu terakhir.

"Kabut asap semakin parah. Hari ini kita kader PMII Merangin turun membagikan masker. Ini sebagai bentuk himbauan kita, karena ternyata masih banyak yang beraktifitas diluar rumah tidak memakai masker. Berbahaya," ujar Andri, disela membagikan masker ke warga.


Lebih jauh Andri mengatakan, perkara bencana kabut asap, PMII mendorong pemerintah dan aparat penegak untuk mengambil sikap tegas.

 "Kita meminta aparat penegak hukum dan pemerintah daerah untuk mengambil langkah konkrit mengatasi kebakaran lahan dan hutan," katanya.

Seperti memberikan sanksi terhadap pelaku pembakaran lahan serta  memberikan sanksi tegas kepada camat dan kepala des, yang masih membiarkan warganya membuka lahan dan hutan dengan cara membakar.

"Berikan sanksi kepada camat, kades yang membiarkan warganya membakar lahan. Aparat ambil sikap tegas kepada pelakunya. Karena kalau tidak demikian, maka bencana asap semakin parah," pungkasnya.

Untuk diketahui, akibat kabut asap tidak sedikit warga Merangin yang harus di rawat karena terserang ISPA. Hingga kini pemerintah daerah Merangin juga belum meliburkan sekolah.(fro)