Arie Untung Sindir 'Sangkakala' yang Disampaikan Reporter CNN, Padahal Itu Protap TNI -->
Cari Berita

Arie Untung Sindir 'Sangkakala' yang Disampaikan Reporter CNN, Padahal Itu Protap TNI

tuntas.co.id


Postingan Arie Untung  di Instagram yang sudah dihapus | ist
TUNTAS.CO.ID - Pada Rabu (18/9/2019) kata Arie Untung masih menempati trending topic Twitter regional Indonesia terkait postingannya soal ''sangkakala''.

Arie Untung sempat mengunggah tayangan berita CNN Indoneaia terkait prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, melalui Instagram pribadinya @ariekuntung.

Dalam video itu, presenter CNN menyebut 'Prosesi ini diperkirakan akan berlangsung 30 menit hingga satu jam dan akan diakhiri satu tiupan terompet sangkakala'.

Akun bernama @Muthia911 tidak terima ketika Arie Untung langsung menganggap laporan salah satu rekannya sebagai sebuah kesalahan.

Pemilik akun @Muthia911 yang merupakan seorang Broadcast Journalist di CNN Indonesia bernama Muthia S. Wirosastro menjelaskan bahwa laporan sangkakala oleh rekannya sudah melalui proses riset terlebih dahulu.

Muthia juga mengungkapkan bahwa "Peniupan Sangkakala" adalah istilah kemiliteran yang sahih sehingga tidak pantas untuk dijadikan lelucon.

Pembelaan inilah yang membuat masalah 'sangkakala' ini kembali viral.

"Habis Apel Persada, bendera, jenazah turun ditandai tembakan salvo. Timbun liang lahat, karangan bunga, Irup sambutan, pernyataan keluarga, barulah Peniupan Sangkakala, jadi akhir prosesi. Selain protapnya yang memang begitu, pada hari-H tim kami juga konfirmasi ke Kasgartap-nya," cuit @Muthia911 menjelaskan.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sangkakala diartikan sebagai alat tiup berkala yang terbuat dari kulit kerang dan sebagainya atau tanda bunyi-bunyian yang memiliki arti khusus seperti bangun pagi, apel, dan tidur.

Sementara Arie Untung langsung meminta maaf dan mengklarifikasi bahwa tindakan yang dilakukannya hanya untuk mengingatkan netizen tentang Hari Akhir."

"Takut jadi rame maaf ya masnya dan CNN, justru sebenernya mau ngingetin hal yg postif soal mengingat hari akhir malah pas di cek komennya jadi diskusi seru. Sebelum tambah ramai dan salah faham. Aku hapus ya postingannya," kata Arie Untung dalam postingan di Instagram. (*)