Akhirnya!! Hujan Lebat Guyur Kabupaten Merangin -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Akhirnya!! Hujan Lebat Guyur Kabupaten Merangin

tuntas.co.id


Ilustrasi
MERANGIN, TUNTAS.CO.ID - Hujan lebat, Senin (23/9) malam mengguyur Kabupaten Merangin. Hujan yang sudah lama dinanti nantikan di tengah kabut asap yang semakin parah ini, di sambut suka cita masyarakat Merangin.

"Alhamdulillah akhirnyo hujan turun jugo. Mudah mudahan kabut asap ini berkurang. Walau sebentar sudah sangat luar biaso sejuknyo habis turun hujan," ujar Andi, pemuda yang tinggal di Pematang Kandis Bangko.

Pemerintah Kabupaten Merangin, masih meliburkan siswa dari tingkat SD sampai dengan SMP hingga besok Selasa tanggal 24 September. Begitupun tingkat SMA sederajat berdasarkan ederan Pemerintah Provinsi Jambi, akibat parahnya kabut asap.

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris mengatakan, berdasarkan pengukuran Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menggunakan Air Quality Monytoring Systim (AQMS) kualitas udara di Kota Bangko itu dapat dipantau dalam waktu 30 menit sekali.

Pada pukul 07.00 WIB, pagi tadi berdasarkan alat ukur AQMS parameter partikulat (PM10) bernilai 207, yang artinya kualitas udara di Kota Bangko itu dalam kategori sangat tidak sehat.

‘’Untuk kondisi di kecamatan yang paling tidak sehat, di Kecamatan Muara Siau. Berdasarkan alat ukur AQMS parameter partikulat (PM10) bernilai 201. Semua sekolah mulai dari PAUD sampai SMP telah kita liburkan,’’ ujar Al Haris.

Al Haris berjanji akan memproses hukum bila ada warga yang nekat membuka lahan dengan sistem membakar. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak mambakar sampah di perkarangan rumah.(may)