Sekelompok Lumba-lumba Selalu Bantu Giring Ikan ke Arah Nelayan, Sudah Dilakukan Penelitian -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Sekelompok Lumba-lumba Selalu Bantu Giring Ikan ke Arah Nelayan, Sudah Dilakukan Penelitian

tuntas.co.id



TUNTAS.CO.ID - Jika sebagian nelayan harus mencari spot tertentu untuk bisa menemukan titik kumpul ikan, berbeda dengan di Laguna, Brazil.
Di sini nelayan cukup menunggu di satu titik saja, kemudian akan ada kelompok lumba-lumba yang menggiring ikan ke dekat para nelayan.
Saat ikan sudah berkumpul, nelayan tinggal menyiapkan jala atau jaring untuk menangkap.
Uniknya, nelayan tidak perlu menakar-nakar di mana tempat berkumpul ikan, lumba-lumba akan memberikan sinyal dengan kepala atau ekor untuk memberitahu para nelayan kapan dan di mana mereka harus membuang jaring.
Para nelayan bisa menangkap semua ikan yang mereka butuhkan. Sementara, sebagian besar ikan liar yang berhasil melarikan diri dari jaring, berenang tepat ke mulut lumba-lumba. 
Air laut di Laguna memang begitu keruh dan para nelayan tidak bisa menangkap ikan secara efisien tanpa bantuan lumba-lumba. Itulah sebabnya para nelayan hanya menangkap ikan ketika 'partner' andalan mereka muncul. 
Kemudian oleh beberapa pihak dilakukan penelitian telah menunjukkan bahwa ada kelompok tertentu dari sekitar 20 lumba-lumba yang mampu bekerja sama dengan para nelayan untuk menangkap ikan, sedangkan sisanya lebih memilih untuk mencari makanan sendiri. (*)