Mengenal Bupati Ibu Kota Baru RI, Ikut Demo di Monas dan Anak Pengusaha Minyak -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Mengenal Bupati Ibu Kota Baru RI, Ikut Demo di Monas dan Anak Pengusaha Minyak

tuntas.co.id


Foto paling depan Abdul Gafur Mas'ud mengepalkan tangan saat ikut aksi 411 di Monas | capture instagram
TUNTAS.CO.ID - Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) Kaltim kini resmi akan menjadi ibu kota negara, setelah ditetapkan oleh Presiden Jokowi.

Nama Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud (AGM) terus menjadi perbincangan, di kalangan pendukung Jokowi yang aktif di media sosial, sedang ramai dibagikan informasi tentang AGM yang merupakan pendukung Prabowo, bahkan disebarkan capture postingan bendera tauhid di Instagram pribadinya dan foto saat ia ikut aksi 411 Tahun 2016 di Monas, Jakarta.

Lalu siapa AGM ? AGM adalah anak ke delapan dari H Mas'ud. Di Kaltim, keluarga ini dikenal sebagai Mas'ud Bersaudara atau Mas'ud Brother, keluarga yang berbisnis di bidang usaha minyak dan gas.

Bukan hanya dikenal sebagai pengusaha kaya raya, keluarga ini aktif di dunia politik

Pada Pemilu 2019, kakak beradik Hasan Mas'ud dan Rudi Mas'ud maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Kaltim dan DPR RI.
Sosok Rudi Mas'ud melenggang ke Senayan (DPR RI) dan mencatatkan diri sebagai caleg DPR RI dengan raihan suara terbanyak 128.910 pemilih.

Dengan perolehan suara itu, Rudi dinyatakan lolos ke DPR RI dari Partai Golkar Dapil Kaltim. Keberhasilan Rudi diikuti sang kakak, Hassanuddin (Hasan) Mas'ud yang lolos ke DPRD Provinsi Kaltim Dapi Balikpapan. Hasan meraih 19.959 suara.

Sebelumnya, dua anggota keluarga Mas'ud lainnya, yakni Rahmad Mas'ud sudah terlebih berhasil terpilih sebagai Wakil Walikota Balikpapan mendampingi Walikota Rizal Effendi.

Abdul Gafur Mas'ud (AGM) menjadi Bupati Penajam Paser Utara sejak 2008.

Capture Instagran

Dikutip dari Wikipedia, Abdul Gafur Mas'ud, lahir di Balikpapan, 7 Desember 1987, atau berumur 31 tahun).

Ia memiliki seorang istri, bernama Hj. Risna yang berasal dari Jenebora, Kabupaten Penajam Paser Utara. Pasangan yang ini mempunyai 5 orang anak laki-laki yaitu Muhammad Varos Algaris, Muhammad Radja Faqih Algaris, Muhammad Pangeran Rafi Saddan Algaris, Muhammad Khaisar Ali Ka'bah Mas'ud Algaris, Muhammad Kholifa Abdul Latif Khusain Algaris.

Abdul Gafur Mas'ud menjalani masa kecilnya di Kampung baru balikpapan, bersekolah dasar di SD 09 Margasari Balikpapan, lalu melanjutkan ke MTs negeri 1 Balikpapan, dan menempa ilmu agamanya di Darunnajah Islamic Boarding School Ulujami Jakarta.

Pendidikan menengah atasnya ditempuh di SMA Muhammadiyah 1 Samarinda dan melanjutkan ke STIE APRIN Palembang mengambil jurusan S1 Ekonomi kemudian melanjutkan pendidikannya dengan menempuh jenjang S2 di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

Saat ini, selain menjadi Bupati PPU, AGM jadi ga tercatat sebagai direktur di PT Petro Perkasa Indonesia, sama seperti keluarga besarnya, perusahaan ini bergerak di bidang perminyakan. Kemudian AGM juga aktif di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). (*)