Paham Moderat Penjaga NKRI -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Paham Moderat Penjaga NKRI

tuntas.co.id



MERANGIN, TUNTAS.CO.ID - Indonesia memiliki potensi begitu besar untuk terus bergerak maju. Namun sebagai negara dengan keberagaman yang begitu banyak, tantangan juga besar.

Ketua GP Ansor Merangin, Muhlisin, mengatakan paham moderat solusi tunggal selamatkan masa depan NKRI. Paham moderat yang ia maksud adalah dalam bhinneka tunggal ika dan Pancasila sebagai tonggak bangsa.

Untuk itu, ia minta pemerintah agar mau 'berinvestasi' terhadap kebhinnekaan. Ia mengatakan pemerintah mesti memfasilitasi organisasi-organisasi anak muda yang menjadi wadar kaderisasi berbasis paham moderat.



"Memang, investasi terhadap anak muda itu mahal. Tapi hasilnya pasti jauh lebih bernilai. Karena pemuda yang kita harapkan jadi agen penyuara paham moderat," katanya ketika berbicara dalam forum dialog lintas agama yang digelar di Bangko, Kamis (25/7).

GP Ansor Merangin juga mendorong penguatan peran dan kelembagaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Banyak sekali peran strategis yang penyelesaiannya oleh FKUB.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Merangin H Marwan Hasan, juga berpendapat senada. Ia menekankan perlunya moderasi beragama, berbangsa, dan bernegara.

"Ancaman kita adalah paham radikal. Di agama mana pun, paham radikal adalah ancaman terhadap persatuan antar umat beragama," tambah Marwan.

Dialog lintas agama dihadiri oleh berbagai pihak terkait. Di antaranya PMII Merangin, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik, BEM, dan berbagai pihak lainnya.(*)