Hinca: Kogasma PD Legal dan Berdampak Positif -->
Cari Berita

Hinca: Kogasma PD Legal dan Berdampak Positif

tuntas.co.id

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan | ist 

JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Keberadaan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat dipersoalkan. Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat menuding satgas yang dilomandoi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ilegal.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menegaskan Lembaga Kogasma Pemenangan Pemilu 2019 PD merupakan lembaga yang legal. Melalui keterangan tertulisnya, Hinca mengatakan keberadaan Kogasma sesuai dengan spirit AD/ART PD.

"Kogasma lembaga legal dan sesuai dengan spirit Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat," kata Hinca dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/7).

Hinca mengatakan, SK DPP Partai Demokrat No.92/SK/DPP.PD/II/2018, Kogasma dibentuk sebagai respon atas kebutuhan partai dalam menyukseskan perjuangan menuju Pemilu 2019. Sesuai pula dengan UU No.2/ 2011 tentang Partai Politik, AD/ART Partai Demokrat serta Program Umum Partai Demokrat 2015-2020, maka Rapat Pengurus DPP Partai Demokrat pada tanggal 9 Februari 2018 menetapkan terbentuknya lembaga Kogasma ini.

"Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menilai Kogasma ilegal merupakan tudingan yang keliru dan tidak berdasar," ujar Hinca lagi.

Ia menentang pernyataan FKPD yang menyatakan pembentukan Kogasma PD tidak berdampak apapun. Di pemilu 2019, Kogasma PD berhasil menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk menambah kekuatan soliditas kader dan partai untuk mempertahankan kekuatan politik partai di tengah sistem kompetisi politik yang kurang berpihak.

"Hal itu dibuktikan oleh berbagai survei lintas lembaga yang menempatkan elektabilitas Partai Demokrat di kisaran angka sekitar tiga hingga empat persen pada beberapa bulan sebelum pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019," jelasnya.

Meskipun konsentrasi terpecah akibat kondisi istri SBY, almarhum Ani Yudhoyono yang saat itu tengah dirawat intensif akibat kanker darah. Tetapi berkat kerja keras AHY selaku Komandan Kogasma, bersama-sama semua kader di seluruh Indonesia, PD tetap mampu mempertahankan kekuatan politiknya di angka 7,7%.

"Untuk itu, apresiasi yang tinggi patut disampaikan kepada Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan seluruh kader Partai Demokrat atas jasa, kerja keras dan pengabdiannya untuk berjuang demi kejayaan Partai Demokrat," kata Hinca.(mm)