Pengusaha Pemula Harus Bangun Jaringan, Bisa Lewat NES -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Pengusaha Pemula Harus Bangun Jaringan, Bisa Lewat NES

tuntas.co.id


PADANG, TUNTAS.CO.ID - Kementerian Koperasi dan UKM mendukung para wirausaha pemula untuk membentuk komunitas khusus salah satunya New Entrepreneurs Society (NES).

Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan UKM Fixy saat membuka Forum Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula
Di Hotel Axana Padang 26 Juni 2019 mengatakan Pemerintah sangat mendukung inisiatif para pelaku usaha pemula untuk membentuk komunitas seperti misalnya NES.

"Melalui wadah NES yg merupakan inisiatif dari wirausaha pemula di berbagai daerah, diharapkan akan saling membangun kemandirian antar anggota komunitas dan mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi wirausaha pemula bersama-sama,” katanya.

Menurut dia, Wirausaha Pemula harus bisa mengorganisasikan diri agar memiliki jaringan usaha yang luas sehingga naik kelas.

Pihaknya menggelar Forum Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula salah satunya di Padang, Sumatera Barat, dan dihadiri 30 wirausaha pemula dari Kabupaten Solok, Pariaman, dan Sawahlunto Sumbar.

Dalam acara yang mengambil tema Pentahelix untuk Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula itu, Fixy menegaskan pentingnya kreativitas bagi para pengusaha pemula agar bisa berhasil.

"Perlu inisiatif dan kreativitas wirausaha pemula, sehingga tumbuh sikap mandiri dalam menangkap berbagai peluang usaha yang ada,” kata Fixy.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat dalam forum tersebut menjelaskan bahwa sikap mental wirausaha sudah dimiliki oleh orang Padang.

“Tinggal sering diasah dengan banyak praktik usaha dan diperkuat dengan solidaritas,” katanya.

Unsur pentahelix UMKM hadir lengkap dalam forum tersebut. Selain pemerintah pusat (Asdep Permodalan Deputi Pembiayaan dan Asdep Pengembangan dan Penguatan Usaha Deputi Restrukturisasi Usaha), juga dari Dinas KUKM Provinsi Sumatera Barat, hadir pula wakil dari Universitas Bung Hatta, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Padang, ABDSI Sumatera Barat, dan Dekopinwil Sumatera Barat.

Samsul Hadi sebagai fasilitator forum tersebut memaparkan tentang visi, misi, dan program NES termasuk penjelasan tentang website wirausaha-pemula.id dan rencana Temu Nasional Wirausaha Pemula 2019.

Forum di Padang ini berhasil menetapkan koordinator NES Kabupaten Solok, Kabupaten Pariaman, dan Kabupaten Sawahlunto. (*)