Pengamat : HBA Cocok Berpasangan dengan Muchlis -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Pengamat : HBA Cocok Berpasangan dengan Muchlis

tuntas.co.id


Jambi, TUNTAS.CO.ID - Dinamika politik akan selalu berubah, hal ini disampaikan pengamat politik Bahren Nurdin. Sehingga kata dia dinamika ini membuat belum ada satupun bakal calon yang dipastikan maju di Pilgub Jambi 2020.

Sejauh ini Hasan Basri Agus (HBA) kata Bahren masih menjadi sosok yang paling banyak dibicarakan untuk Pilgub.

HBA memang belum menyatakan sikap maju, sehingga belum bisa berspekulasi. Tapi melihat antusias masyarakat bisa saja membuat HBA mengalihkan arah politiknya ke Pilgub untuk maju.

"HBA memang akan di Senayan, tapi tidak ada yang bisa menghalangi dia untuk maju di Pilgub, kalau dia mau," kata Bahren, Kamis (20/6).

Lalu siapa wakil HBA yang paling cocok ? Bahren menyebut siapapun wakil HBA tidak memberi pengaruh signifikan. "Melihat antusiasme warga ke HBA, kalau seandainya ada survei, bisa dilihat hasil survei. Siapapun wakilnya, dia akan mudah memenangkan Pilgub," paparnya.

Namun Pilgub kali ini lanjut dia, juga berbicara soal regenerasi dan jalannya pemerintahan yang ideal.  "Siapa yang menjadi wakil HBA, memiliki kans yang lebih besar untuk maju menjadi calon gubernur di periode yang akan datang. Dan pemerintahan harus juga berjalan ideal," kata Bahren.

Ada nama-nama yang dianggapnya punya kans besar untuk menjadi wakil HBA, yakni Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis dan Wali Kota Jambi Sy Fasha.

"Kapolda memang belum menyatakan sikap maju, karena dia masih berseragam, dan itu bagian dari profesionalitas. Tapi namanya harus kita akui sudah muncul. Kalau bersanding dengan HBA, tentu ini menjadi pasangan yang paling sulit untuk digoyang, kemudian  pemerintahan juga akan berjala  ideal, perpaduan birokrasi dan penegak hukum," jelas dia.

Kemudian Sy Fasha namanya sudah cukup dikenal di Kota Jambi dan daerah sekitar kota. "Tapi ini juga harus dianalisis lagi, karena Fasha punya peluang membuat barisan sendiri, seperti maju dan berpasangan dengan Wali Kota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri," analisisnya.

Soal kandidat lain yang berpeluang mengimbangi HBA di Pilgub, menurutnya Ratu Munawaroh masih memiliki kans untuk melanjutkan trah Alm Zulkifli Nurdin.

"Memang Ratu sudah lama tidak di Jambi, munculnya dulu ketika almarhum Zulkifli masih menjadi gubernur. Tapi ini tergantung PAN untuk mendongkrak nama Ratu," pungkasnya. (mar)