Pilgub Jambi Menanti, Ada HBA, Ratu Munawaroh, Hingga Kapolda -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Pilgub Jambi Menanti, Ada HBA, Ratu Munawaroh, Hingga Kapolda

tuntas.co.id

HBA, Ratu Munawaroh, Irjen Pol Muchlis, Sy Fasha, Fachrori
TUNTAS.CO.ID, Tuntas - Belum ada kepastian kapan Pilkada serentak akan digelar, namun beberapa opsi yang muncul, daerah yang melakukan Pilkada di 2015, maka akan mengikuti Pilkada serentak 2020.

Jika mengikuti alur itu, maka Pemilihan Gubernur Jambi akan digelar 2020, menyisakan waktu kurang dari dua tahun.

Lalu siapa saja kandidat yang akan maju di Pilgub Jambi?  Dengan 'hilangnya' Zumi Zola dari percaturan politik Jambi bukan berarti figur calon gubernur hanya mengerucut ke satu nama Hasan Basri Agus (HBA), ternyata ada banyak figur baru yang muncul.

HBA memang digadang tetap menjadi kandidat yang diperhitungkan di Pilgub Jambi 2020, namun sejauh ini ia belum menyatakan sikap maju.

"Untuk Pilgub belumlah, sekarang fokus ke pencalonan untuk DPR RI," kata HBA beberapa waktu lalu.

Lalu siapa saja yang memiliki kans untuk bersaing di Pilgub di luar HBA, keluarga Zulkifli dianggap masih memiliki basis di Provinsi Jambi.

Jika benar Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan istri mendiang Zulkifli Nurdin, Ratu Munawaroh menjadi Wakil Gubernur Jambi di periode ini, maka dianggap menjadi pintu masuk untuk Ratu Munawaroh maju di Pilgub 2020.

Sebelumnya Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H Bakri menyebut PAN selayaknya mendapatkan posisi Wakil Gubernur setelah Fachrori defenitif jadi gubernur.

"Dari dulu saya selaku ketua DPW PAN Provinsi Jambi, selalu berkomunikasi dengan kawan kawan partai pengusung, alangkah baiknya ini tetap dari PAN dan didukung oleh kawan kawan partai politik," katanya.

Siapa lagi calon gubernur selain HBA dan Ratu Munawaroh? Ada nama Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS.

Adalah Elviana, anggota DPR RI dapil Jambi  orang yang pernah memunculkan nama Muchlis untuk menjadi Gubernur Jambi. 

“Sudah saatnya Jambi di Pimpin orang kuat,” kata Elviana dikutip dari beberapa pemberitaan.

Muchlis memang merupakan putra asli Jambi, ia berasal dari Mersam, Kabupaten Batanghari. 

Selain ketiga nama tokoh tadi, ada juga nama Wali Kota Jambi Sy Fasha yang disebut-sebut akan maju di Pilgub 2020.

"Beliau memang punya niat untuk untuk ikut membangun Jambi, Kota Jambi lihatlah sudah maju, Provinsi Jambi bisa juga maju," kata orang dekat Fasha yang meminta namanya tak diekspose. 

Di luar nama-nama tersebut, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain memiliki power sebagai gubernur, Fachrori juga sudah memiliki partai, yakni NasDem, sehingga kansnya juga besar.

Melihat nama-nama itu, masyarakat Jambi silahkan memantau siapa kiranya yang layak memimpin bumi Sepucuk Jambi Sembulan Lurah. (*)