Juwanda Dorong Rp 22 M untuk Pondok Pesantren di Jambi -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Juwanda Dorong Rp 22 M untuk Pondok Pesantren di Jambi

tuntas.co.id


Juwanda saat bertemu Presiden Jokowi di istana negara beberapa hari lalu.
TUNTAS.CO.ID, Jambi - Tercatat sekitar 213 Pondok Pesantren berada di Provinsi Jambi dan rerata masih membutuhkan dukungan pendanaan dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Jumlah itu itu dikatakan Ketua PW GP Ansor Jambi Juwanda, sangat signifikan untuk keberlanjutan penguatan basis intelektual keagamaan di Jambi.

"Kita tahu pesantren basis penguatan agama. Pesantren lembaga keilmuan. Tempat tumbuhnya kader intelektual yang berkarakter," katanya, Selasa (15/1/2019).

Dalam kontek kebangsaan pun, menurutnya, semangat perlawanan menghadapi penjajahan kolonial lahir dari kantong kantong pesantren dimotori para kyai dan santri.

Untuk itu, Caleg DPRD Provinsi Jambi dapil Sarolangun Merangin ini menilai, dengan topangan APBD Provinsi Jambi 2019 sekitar 4.5 triliun pesantren menjadi perhatian serius.

"Jika pun alokasi untuk pondok pesantren telah ada. Meskipun mungkin secara kewenangan ranahnya berbeda, tapi kita akan mendorong pesantrean prioritas yang harus diperjuangkan lewat anggaran APBD Jambi," terang Juwanda

Sehingga persoalan pendanaan tidak lagi menjadi momok para pengelola pondok pesantren. "Ya. Kedepan itu yang akan kita lakukan. Setidaknya 22 miliar porsi APBD Jambi bisa dihibahkan untuk pesantren pertahun. Sehingga tidak lagi timbul kesenjangan" katanya.

Ia merinci, maka satu pesantren akan mendapat alokasi hibah pertahun senilai Rp 100 juta. Selain pondok pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lembaga Pengajaran Quran (LPQ) ikut menjadi perhatiannya. (RDD)