Tol Pertama di Sulawesi Utara Mulai Dioperasikan -->
Cari Berita

Tol Pertama di Sulawesi Utara Mulai Dioperasikan

tuntas.co.id


Tol Mando - Bitung 
TUNTAS.CO.ID, Manado - Jalan tol Manado - Bitung khususnya Seksi 1B dan Seksi 2A akan beroperasi secara fungsional, Senin (24/12/2018).
Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Linda Wantania mengatakan jika tidak ada halangan pukul 11.00 Wita hari ini  beroperasinya jalan Tol Manado- Bitung khususnya Seksi 1B dan 2A yang terbentang dari Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara hingga Danowudu Kota Bitung sepanjang 14,5 kilometer akan dimulai.
Pengoperasian secara fungsional jalan Tol pertama di Provinsi Sulut yang dikelolah PT. Jasa Marga (Persero) Tbk (PT. Jasamarga Manado Bitung / JMB), guna mendukung kelancaran kendaraan pada pada libur Natal dan Tahun Baru.

Hal ini berdasarkan pernyataan Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung berdasarkan rilis yang dikirimkan KadisHubda Sulut Linda Wantania melalui pesan singkat di WhatsApp.
Manurung mengatakan, tujuan difungsionalkannya jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A untuk membantu kelancaran arus transportasi menjelang libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
"Beroperasinya jalan tol ini secara fungsional juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung sebagai jalan tol pertama di Sulawesi Utara," ungkap Manurung, Senin (24/12/2018).

Menurut Manurung, beroperasinya jalan Tol Manado-Bitung secara fungsional hanya diperuntukkan untuk kendaraan kecil saja dan mulai berlaku sejak 24 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019 khusus untuk arah Manado ke Bitung. 

Sementara itu, untuk arah Bitung ke Manado berlaku tanggal 2 Januari hingga 5 Januari 2019 dengan pemberlakuan jam operasional di mulai Pukul 07.00 sampai dengan Pukul 17.00 Wita.

Diketahui, dengan beroperasinya jalan Tol Manado - Bitung Seksi 1B dan Seksi 2A dapat mempersingkat waktu tempuh antara Manado dan Bitung serta sebaliknya bila dibandingkan dengan menggunakan jalan arteri atau non tol.
Jika melewati jalur normal, waktu tempuh bisa antara 45 menit hingga 60 menit, tetapi kalau melalui jalan Tol Manado-Bitung hanya memakan waktu 25 menit hingga 30 menit," jelas George. 

Selaku pihak pengelola jalan Tol Manado - Bitung, PT. JMB  mengimbau kepada semua pengguna jalan untuk selalu awas dan berhati-hati karena kondisi jalan yang masih terbatas, patuhi arahan petugas, perambuan yang berlaku termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan saat melalui jalur fungsional, serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan isi penuh BBM sebelum memasuki jalur fungsional. (**)

Sumber: RRI