Melihat Indonesia Week di Guangzhou -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Melihat Indonesia Week di Guangzhou

tuntas.co.id



TUNTAS.CO.ID - Semarak rampak kendang membuka rangkaian acara Indonesia Week (Inaweek) di Guangzhou. Acara yang diselenggarakan oleh KJRI Guangzhou, berlangsung mulai Jumat, 11 Mei, hingga Minggu malam tanggal 13 Mei di pelataran China Plaza, salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Guangzhou.

Konjen RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Inaweek diselenggarakan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia yang telah memasuki pasar Tiongkok. Penonton juga dapat menyaksikan keanekaragaman budaya Indonesia, melalui tarian dari berbagai daerah, seperti Lenggang Nyai dari Betawi, Rentak Besapih dari Jambi, Bajidor Kahot dari Jawa Barat, dan masih banyak lagi.

Turut hadir pada acara pembukaan adalah para Konjen dari negara-negara ASEAN di Guangzhou, yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Filipina, dan Malaysia. Selain itu hadir pula Vice President GZ Lingnan, penyelenggara pameran pariwisata tahunan di Guangzhou.

Tidak ketinggalan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air, Bank BNI dan BRI, serta perusahaan PT. Kapal Api Global, Guangdong Tiansong (biskuit dan kue), Jin Xi Hui (importir sarang burung Indonesia), De Xiang Tang (kayu gaharu), PT. Puncak Top Trader (importir mie instant Indomie), Papatonk (kerupuk udang), dan Resto Pandan mendukung Inaweek sebagai pengisi booth dan menyediakan berbagai hadiah untuk pengunjung. 

Hari pembukaan Inaweek diliput oleh media-media lokal, mulai dari TV, Radio, cetak, dan online. Guangdong TV dan GZ TV melakukan sesi wawancara khusus dengan Konjen RI. Salah satu poin yang di highlight dalam interview adalah kunjungan PM Li Keqiang ke Indonesia pada 6-8 Mei, yang menandakan kedekatan hubungan kedua negara karena ini adalah kunjungan luar negeri yang pertama bagi PM Li sejak dilantik kembali pada Maret 2018. Disampaikan bahwa Tiongkok adalah mitra dagang utama Indonesia dan sumber wisatawan asing nomor satu ke Indonesia. Melalui kegiatan promosi Indonesia seperti Inaweek, diharapkan hubungan kedua negara semakin meningkat dan jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia juga terus bertambah. 

Seusai acara pembukaan, Konjen mengundang para Konjen ASEAN dan tamu undangan bersantap siang di Resto Pandan. Resto Pandan adalah rumah makan Indonesia yang baru buka pada 16 April lalu dan langsung menjadi favorit warga Guangzhou. 

Masyarakat setempat antusias menyerbu produk Indonesia yang dijual. Tidak kurang dari 1000 pengunjung datang pada hari pertama Inaweek Guangzhou. (**)