Budaya Selama Ramadan di Kuala Tungkal, Festival Arakan Sahur

 

TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan festival arak- arakan sahur Ramadhan 1439 H/2018 yang diadakan Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas Parawisata kepemudaan dan Olahraga Tanjab Barat.

Adapun Kegiatan arakan sahur dimaksudkan untuk melestarikan budaya religius dan sebagai upaya menjadikan daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam Laporan Kepala Dinas Parawisata kepemudaan dan Olahraga Tanjab Barat, Otto Riadi, peserta arak-arakan sahur pada tahun ini berjumlah 14 kelompok, berasal dari pesantren, Remaja Masjid, madrasah, organisasi Sanggar, perguruan Tinggi dan utusan dari Kecamatan Se-Kabupaten Tanjab Barat.

Adapun rute yang dilalui para peserta dimulai dari star rumah dinas bupati Tanjab Barat Menuju jalan pahlawan, Jalan andalas, Jalan merdeka, jalan pelabuhan, Jalan Kalimantan dan jalan Panglima Cama, kemudian finish di simpang lampu  merah siswa.

Para Pemenang akan mendapatkan Tropy bergilir Bupati serta Hadiah bonus uang Tunai.

Masih dalam momen yang sama Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H.Safrial.MS, dalam sambutannya menyambut bulan suci ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan kegiatan festival arak- arakan sahur selain untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya masyarakat di kabupaten Tercinta dalam bentuk wisata religi.

"Event festival arak- arakan sahur ini saya harapkan mampu menjadi perekat dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai suku agama dan kepercayaan yang ada di kabupaten serengkuh dayung serentak ke tujuam," ujar Safrial.

Turut hadir Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, Sekda H. Ambok Tuo, Kapolres, Dandim 0419/ Tanjab, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat, Kepala OPD dan Para Kabag dilingkungan Setda Tanjab Barat. (**)

Reporter : Anto


Tidak ada komentar:
Write comments