Wabup Tanjabbar Ikut Dalam Kemeriahan Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi

 



TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat,Drs.H. Amir Sakib. berkesempatan hadir pada Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, UPTD Taman Budaya Jambi di Ratu Convention Center (RCC) Kota Jambi, Minggu (7/01).

Acara yang dikemas dengan aneka pertunjukan seni budaya melayu Jambi tersebut mengambil materi ‘Telusur Jejak Leluhur’ dengan tema "Tanah Bepijak Budayo Bejejak".

Event ini diikuti berbagai pegiat seni di Jambi di antaranya, Teater Tonggak Jambi, Pimpinan Didin Siroz yang juga merupakan Kepala UPTD Taman Budaya Jambi, Sanggar Mindulahin, Pimpinan pemusik dak perupa jambi, Azhar MJ, Teater AiR, Sanggar Sakintang Dayo dan beberapa tokoh seni dan budaya yang ada di bumi sepucuk jambi sembilan lurah.

Hadir di malam apresiasi seni budaya melayu tersebut, gubernur dan wakil gubernur Jambi beserta istri, Pangdam II Sriwijaya, Ketua DPRD provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Walikota Jambi, Anggota DPD, Ibu Uteng Suryadiyatna serta para seniman dan budayawan se-propinsi Jambi.

Acara dibuka dengan  mempersembahkan penampilan musik tradisi kolintang kayu oleh sanggar mindulahin, pimpinan Azhar MJ. 

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi, Haji Zumi Zola mengatakan acara ini setiap tahunnya diadakan bertepatan dengan HUT provinsi Jambi ke 61 dan bertujuan untuk mempromosikan budaya yg di miliki oleh jambi serta sekaligus memberikan penghargaan kepada para pelaku seni, budayawan dan tokoh adat yg sampai saat ini terus berdedikasi terhadap provinsi Jambi dan terus membuat karya karya yang seni dan budaya yang bernilai tinggi.

Salah satu tokoh adat sekaligus budayawan Jambi yang mendapatkan penghargaan adalah, Haji Nawawi Ismail atau yang akrab dipanggil pakdo dengan gelar adat Datuk mangku Setio pengembiro. Ada juga seorang seniman tradisi asal bumi sakti alam kerinci yakni, bapak Harun Bin Nafi yang terkenal dengan karya tari megah harimaunya.

Malam apresiasi seni dan budaya melayu itu semakin meriah dengan tampilnya Gubernur Jambi, Zumi Zola membacakan puisi dengan di iringi oleh gesekan biola milik seorang biolist, istrinya sendiri, Sherrin Tharia. 

“Ini adalah pemenuhan janji saya kepada seluruh masyarakat jambi yang mana di acara malam apresiasi seni budaya melayu 2018 ini, saya janji akan tampil baca puisi," pungkasnya. (**)

Reporter: Anto

Tidak ada komentar:
Write comments