14 January 2018

Usman Ermulan Pimpin HKTI, Kebijakannya Saat jadi Bupati Sangat Mensejahterakan Petani



H Usman Ermulan saat menerima bendera HKTI dari Moeldoko 
TUNTAS.CO.ID, Jambi - Mantan Bupati Tanjabbar dua periode H Usman Ermulan  resmi dilantik menjadi Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Jambi periode 2018-2022.
Ketua Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) TNI Moeldoko datang langsung ke Jambi untuk melakukan proses pelantikan, di rumah dinas Gubernur Jambi.
Usman Ermulan selama ini memang dikenal keberpihakannya kepada para petani, setidaknya ini tanpak dari gebrakannya ketika menjabat sebagai Bupati Tanjabbar.
Beberapa kebijakan Usman Ermulan terhadap petani di antaranya ikut berjuang mengembalikan lahan pertanian kepada warga di Senyerang yang sebelumnya konflik dengan PT WKS.
Hasilnya Usman Ermulan mampu mengenbalikan lebih 1.000 hektare lahan yang dikuasai Sinarmas Group itu kepada petani, ditambah uang konpensasi.
Kemudian kebijakan lain di antaranya mengembangkan pertanian kopi liberika tungkal komposit.
Sebelumnya petani kopi liberika di Tanjabbar mengembangkan usaha mereka secara otodidak , namun saat Usman menjabat sebagai bupati, petani dibekali kemampuan pengelolaan kopi, dan yang paling penting adalah promosi baik di tingkat nasional maupun internasional.
Usman Ermulan saat itu turun langsung melakukan promosi di berbagai tempat, hasilnya kini kopi liberika memiliki pasar luas di Pulau Jawa, Singapura hingga Malaysia. Harga kopi liberika sekarang melejit tinggi.
Kebijakan lain yang pro petani dilakukan Usman yakni menyelamatkan lebih 9.000 hektare kebun kelapa milik petani di Parit Sembilan Tungkal Ilir.
Ribuan hektare kebun petani tersebut terancam tak produktif bahkan mati karena terjangan air laut.
Namun Usman Ermulan berhasil membuat tanggul laut sepanjang lebih sembilan kilo meter, dengan tinggi kurang lebih tiga meter, sehingga air laut tidak masuk ke perkebunan warga.
Dengan jabatannya sebagai Ketua HKTI, Usman Ermulan diharap mampu menciptakan kesejahteraan bagi petani Jambi.
Usman Ermulan saat pelantikan sebagai Ketua HKTI mengatakan siap melakukan perubahan mendasar sekaligus solusi bagi petani.
"Di antaranya dengan program hilirisasi pertanian dan diharapkan para petani lebih sejahtera," kata pria yang juga pernah menjabat Anggota DPR RI dua periode ini.
Sementara Moeldoko menegaskan komitmennya  membangun revolusi mental di bidang pertanian serta menanamkan komitmen yang tinggi dalam mensejahterakan petani dan ketahanan pertanian Indonesia.
"Langkah konkrit yang akan dilakukan HKTI ke depan adalah melalui langkah pendekatan terhadap petani dan memberikan pendampingan, sosialisasi, dukungan alat pertanian dan pemberian bibit guna mewujudkan serta dukungan terhadap keselarasan program pemerintah,” ujar mantan Panglima TNI. (**)
Reporter: Darmawan 

No comments:
Write comments