05 January 2018

Kontroversi Tugu Kotabaru, Dari Pembongkaran, Anggaran Hingga Bebek



Patung angso di tugu monas dibongkar (istimewa)
TUNTAS.CO.ID, Jambi - Sempat menjadi lelucon dan bahan olok-olokan beberapa hari pasca diresmikan 31/12/2017, akhirnya patung bebek di tugu monas Kotabaru dibongkar.

Kamis (5/1) tampak pekerja membongkar bagian luar patung, dan kembali memunculkan patung angsa lama.

Patung angsa yang lama sebelumnya dibungkus menggunakan semen dan dibentuk wujud angsa baru.

Parahnya, patung baru itu justru sama sekali tidak menyerupai angsa, bahkan lebih persis seperti bebek biasa, atau sebagian netizen menyebutnya mirip bebek-bebekan mainan anak-anak.

Diketahui, 2017 Pemkot Jambi merombak sebagian besar tugu monas Kotabaru dengan anggaran  Rp 3,5 miliar.

Sejak pertama, perombakan tugu ini sudah menuai kontroversi, karena dilakukan dengan menghancurkan sebagian tugu yang sudah lama berdiri menjadi ikon Kota Jambi.

Banyak warga Jambi yang menyayangkan pembongkaran tugu monas, dan menyarankan agar tugu baru dibangun di tempat lain.

Kemudian dari sisi anggaran juga dinilai terlalu besar, padahal hanya menambah ornamen keris dan besi yang melingkari bagian tugu utama.

"Saya pribadi Rp 1,5 M berani ngerjakan tugu itu," sebut seorang kontraktor yang meminta namanya tak diungkap.

Ditilik dari beberapa sumber, jasa pembuatan patung tembaga kualitas terbaik Rp 18 juta per meter. Sementara panjang keris tembaga di tugu monas 9 meter.

Ornamen tambahan di luar keris yang terlihat di sana, semacam seling atau besi dipasang vertikal berjajar melingkari tugu, yang harga diprediksi tidak lebih mahal dibanding keris.

Kemudian penambahan tata cahaya serta pembuatan angsa yang baru dengan menutup angsa lama, dan angsa itu kembali dibongkar. (**)

Reporter: Budi Darma 

No comments:
Write comments