03 January 2018

Heboh Patung Angsa Kotabaru, Angsa Ku Dulu Tak Begini



Atas foto angsa lama dan bawah angsa baru. (Istimewa)

TUNTAS.CO.ID, Jambi - Netizen di Jambi tengah heboh dengan penampakan wujud baru dari patung angsa di tugu keris siginjai Kotabaru.

Masalahnya, patung angsa yang baru jauh berbeda dengan patung angsa lama yang kini sudah dihancurkan.

Menurut netizen, patung angsa yang baru lebih mirip balon bebek di kolam renang.

Ada juga yang berkomentar satir dengan menyebut patung itu tetap angsa, cuma anak angsa yang baru netas.

Jika dibandingkan dengan patung lama, memang jauh berbeda.

Patung angsa yang lama memiliki lekukan lebih dalam, dan penampakannya pun persis seperti angsa yang sedang berenang.

Namun patung angsa baru terlihat lehernya lebih pendek, badan lebih gempal, sehingga tanpak kontras jika dibanding dengan patung angsa yang lama.

Untuk diketahui, angsa merupakan ikon Provinsi Jambi, binatang ini disebut memiliki sejarah panjang hingga terbentuknya Kota Jambi.

Dalam sejarahnya, dikutip dari beberapa sumber pada masa Jambi masih merupakan bagian dari kerajaan Pagaruyung yang berada dibawah naungan kerajaan Majapahit, ada seorang putri cantik bernama Putri Selaras Pinang Masak. Ia bertempat tinggal di hulu sungai Batanghari, yang membelah wilayah Jambi.
Karena tidak mau tunduk kepada kekuasaan Majapahit, yang saat itu akan berpisah dari kerajaan Pagaruyung, maka ia pun melarikan diri dan dikejar-kejar oleh tentara Majapahit. Di dalam perjalanannya itu ia mendapat petuah, untuk mencari lokasi baru guna tempat tinggalnya.
 Lalu ia melepaskan dua ekor angsa, jantan dan betina di sungai Batanghari. Dan melihat di mana kedua angsa itu berhenti berenang, sebagai titik lokasi untuk mendapatkan kepastian di mana ia harus membangun istana yang baru. 
Akhirnya ia melihat kedua angsa berhenti, di sebuah daratan . Dan di sanalah ia membangun istananya kembali. Lalu sejak itu, legenda tentang Angsa Dua , atau Angso Duo dalam dialek Jambi, menjadi terkenal dan tercatat dalam sejarah berdirinya kerajaan Melayu Jambi.
Hingga kini angsa terletak di beberapa tempat penting di Jambi, seperti di logo daerah, nama pasar tradisional terbesar di Jambi, maskot Universitas Jambi, patung di depan gedung DPRD Provinsi dan beberapa tempat lain. 
Lalu, menurut anda sudah tepatkah bentuk angsa di tugu keris siginjai?
Penulis: Anto

No comments:
Write comments