Akademi Komunitas akan Segera Berdiri di Tanjabbar -->
Cari Berita

Akademi Komunitas akan Segera Berdiri di Tanjabbar

tuntas.co.id




TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Program Akademi Komunitas (AK) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung JabungBarat  akan segera terealisasi.

Hal ini ditandai dengan diajukannya izin pendirian lembaga pendidikan vokasi tersebut ke kementrian pendidikan tinggi (DIKTI). 

Kemudian tim yang dipercaya oleh bupati Safrial  untuk mengurus segala sesuatu terkait pendirian akademi komunitas tersebut, beberapa waktu yang lalu juga telah melakukan kunjungan kerja ke kota Solo dan Kecamatan  Cepu, Blora.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda yang juga salah satu anggota tim, Mohd Saleh, SE, izin pendirian akademi komunitas di Tanjab Barat telah di ajukan dan tinggal menunggu persetujuan. 

Namun ditambahkannya Saleh (panggilan akrabnya), pemerintah tidak akan menunggu sampai proses izin selesai. Tim pemkab akan segera menggandeng Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag) untuk bekerjasama sebagai langkah awal pelaksanaan AK tersebut.

“Di kota Solo, pemerintah menggandeng Kemenperidag untuk membuka program pendidikan industri dan perdagangan tekstil sebagai mata kuliah di akdemi komunitas setempat. Nah, kita sendiri akan coba mengajukan program mata kuliah manajemen kontrol CPO, minyak kelapa sawit sebagai langkah awal pelaksanaan AK di daerah kita ini," ungkapnya.

Dikatakan Saleh, akademi komunitas di kota Solo bekerjasama dengan beberapa perusahaan tekstil di sana seperti PT Duniatex, PT. Shintatex, PT Shinta Indah Jaya dan beberapa perusahaan tekstil lainnya. 

Dirinya berharap Kemenperindag menyetujui pengajuan kerjasama ini.

“Jadi di sana, seluruh siswa AK sudah di kontrak untuk bekerja di perusahaan-perusahaan tekstil."

"Dengan ini kita berharap program mata kuliah manajemen kontrol mutu minyak kelapa sawit yang kita ajukan disetujui, maka AK  Tanjabbar akan segera kita mulai, tentunya dengan menggandeng perusahaan-perusahaan sawit yang ada di daerah kita," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Bupati Tanjabbar, Dr.Ir.H.Safrial.MS telah sejak awal mencanangkan pendirian akademi komunitas di bumi serengkuh dayung serentak ketujuan.

Hal ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi misi pemerintah yang salah satunya tertuang dalam penjabaran misi yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan, kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup. (**)

Reporter: Anto