KNPI Tanjabbar Gelar Seminar Literasi Digital -->
Cari Berita

KNPI Tanjabbar Gelar Seminar Literasi Digital

tuntas.co.id



TANJABBAR, TUNTAS.CO.ID - DPD KNPI Tanjung Jabung Barat, gelar seminar dengan mengakat tema pemuda dan literasi diera digital.kegiatan berlangsung di gedung pola kantor Bupati Tanjab Barat, Rabu(29/11).

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah(sekda) Tanjabbar Drs. H. Ambok Tuo MM.
Acara diawali penyampaian kata sambutan dari ketua DPD KNPI Tanjab barat, Supra Yogi, dalam sambutan singkatnya lelaki yang disapa akrab  Yogi atau Awe mengatakan tema ini diambil agar saling mengigatkan atau pencerahan untuk semua lapisan masyarakat.

Para pemuda yang mengunakan medsos,untuk bersikap bijak dan hati-hati, agar jangan sampai apa yang  diunggah bertentangan dengan UU ITE.

"Jadi gunakan lah medsos sebaik mukin dan bermanfaat positif bagi diri kita maupun orang lain," uca per ketua KNPI.

Sementara Sekda Ambok Tuo dalam sambutannya mengatakan, era digital menempatkan Teknologi dan Informasi menjadi sebuah kebutuhan primer, dibalik dampak positif transformasi tersebut juga terdapat banyak dampak negatif. 

"Dalam era dunia digital, arus informasi begitu deras mengalir hampir disetiap linimasa, baik berita-berita hoax, atau palsu yang menyebar begitu cepat, hingga upaya penghasutan begitu halus, yang dapat saja mengiring siapapun termasuk pemuda untuk memiliki pemikiran negatif dan radikal," katanya.

Sejatinya, fenomena ini menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi oleh pemuda Indonesia pada umumnya, daerah Tanjung Jabung Barat khususnya.

"Sebagai pemuda harus bersikap kritis tehadap segala informasi yang tersebar didunia maya, jangan begitu mudah mempercayai suatu isu yang berkembang sebelum benar-benar melihat atau mencari fakta terlebih dahulu, yang lebih dapat dipercaya dan akurat," ujar Sekda. 

Di akhir sambutan Sekda berharap kegiatan seminar dapat membawa manfa'at yang lebih besar,  serta membawa angin segar dalam membangun dan mengembangkan potensi daerah. Semoga menjadi berkah, baik bagi Kabupaten Tanjung Jabung Barat beserta seluruh tokoh dan masyarakat, maupun bagi KNPI beserta seluruh jajaran pengurus.

Seminar KNPI ini,selain dihadiri sekda,juga dihadiri para Staf Ahli, para Asisten, kepala OPD, Kepala Bagian Setda Tabjabbar, Ormas, Tokoh Masyarkat, Tokoh Pemuda, Mahasiswa/Mahasiwi, serta pelajar. (**)

Reporter : Anto