Kemensos Kirim Tim Dampingi Korban Penyanderaan Mimika -->
Cari Berita

Kemensos Kirim Tim Dampingi Korban Penyanderaan Mimika

tuntas.co.id




TUNTAS.CO.ID - Kementerian Sosial memberikan layanan dukungan psikososial (LDP) bagi korban penyanderaan yang dilakukan kelompok bersenjata di Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

"Kami sudah mengirimkan tim layanan dukungan psikososial ke Mimika. Saat ini sedang melakukan koordinasi dengan dinas sosial Mimika dan instansi terkait untuk melakukan asessment kepada korban yang telah berhasil dibebaskan," ungkap Menteri Sosial Khofifah, Sabtu (18/11).

Khofifah mengatakan, layanan dukungan psikososial yang diberikan berupa pelayanan konseling, dan psikoedukasi kepada korban yang mengalami trauma. 

Pendampingan psikososial tersebut diberikan terutama kepada kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, difabel dan ibu-ibu hamil.

"Masing-masing membutuhkan cara penanganan yang berbeda, nanti sesuai hasil asessment ," ujarnya. 

Dilaporkan, sedikitnya ada 1.300 orang dari dua desa yakni Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, dilarang keluar dari kampung itu oleh kelompok bersenjata sejak Kamis (09/11). 

Aksi pengisolasian warga dua kampung di Mimika ini terjadi setelah tiga pekan lalu seorang anggota Brimob tewas ditembak oleh kelompok bersenjata di Timika, Papua. Dia tewas saat terlibat pengejaran kelompok tersebut. (Biro Humas Kemensos RI)