Jakarta Sempat Kece Berkat 6 Pasukan yang Dibuat Ahok Ini -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Jakarta Sempat Kece Berkat 6 Pasukan yang Dibuat Ahok Ini

tuntas.co.id



TUNTAS.CO.ID - Jakarta di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengalami perubahan drastis, menjadi kota yang lebih rapi dibanding sebelumnya yang tampak kumuh.

Sepanjang jalan protokol dipenuhi taman dan bersih, sehingga pejalan kaki di trotoar juga meningkat.

Kali-kali yang dulu hitam pekat, berubah jernih dan tidak lagi ada tumpukan sampai di sungai-sungai yang ada di Jakarta.

Tak heran jika banyak yang menyebut Jakarta di era Ahok sudah setara dengan kota besar lain di dunia, menjadi kota yang lebih kece.

Ada beberapa kunci sukses Ahok dalam merubah wajah ibu kota, yakni diciptakannya pasukan khusus dengan kerja yang spesifik. Tepatnya ada enam pasukan.

1. Pasukan Hijau


Pasukan ini  menjaga dan merawat taman serta makam di Jakarta. Mereka berada dalam pengelolaan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Setiap anggota pasukan digaji UMR dan perlindungan BPJS.

2. Pasukan Kuning


Pasukan ini adalah Satuan Tugas (Satgas) yang berada di bawah Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta, mereka bertanggungjawab atas penanganan sarana, memperbaiki jalan dan trotoar yang rusak.

3. Pasukan Biru
Pasukan ini berada di bawah Dinas Tata Air DKI Jakarta. Tugas mereka mengontrol sumbatan-sumbatan pada saluran air kota di Jakarta, setiap hujan pasukan ini mengelilingi Kota Jakarta untuk membereskan sumbatan di selokan.

Inilah yang membuat genangan di Jakarta sangat cepat menyusut, dan titik banjir berkurang.

4. Pasukan Oranye


Pasukan ini paling dikenal di DKI, mereka bertanggung jawab atas segala prasarana dan sarana umum. Mereka bekerja membersihkan sampah hingga sungai, basisnya kelurahan. 

5. Pasukan Ungu


Pasukan ini berada di bawah Dinas Sosial Pemprov DKI. Tugas mereka menangani warga terlantar, gelandangan hingga lansia. Walau mereka warga luar Jakarta yang terlantar di ibu kota tetap diurus.

6. Pasukan Pink


Di bawah Tim Pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).  Programnya pemberdayaan komunitas wanita, RPTRA dan lainnya.