Ini Kata Zola Melihat Umat Muslim dan Budha Jambi Bergandeng Tangan Bantu Etnis Rohingya -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Ini Kata Zola Melihat Umat Muslim dan Budha Jambi Bergandeng Tangan Bantu Etnis Rohingya

tuntas.co.id




TUNTAS.CO,ID - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk turut serta membantu etnis Rohingya dengan berbagai aksi damai dan donasi. Imbauan tersebut dikemukakan Zola dalam Dialog Wawasan Kebangsaan, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (06/09/2017) malam.

Selain itu, Zola mengapresiasi aksi damai bersama umat Muslim dan Umat Budha, yang turut menjaga suasana kondusif Provinsi Jambi.

Zola mengatakan bahwa dialog tersebut sebagai silahturahmi antar etnis, umat beragama dan berbangsa yang ada di Provinsi Jambi menindaklanjuti perkembangan di Rohingya, dimana etnis Rohingya saat ini sedang mengalami perselisihan dengan Pemerintah Myanmar. “Kita telah sepakat untuk mengutuk dan mengecam tragedi yang terjadi di Rohingya dan memberikan dukungan serta perhatian kepada etnis Rohingya dengan melakukan aksi damai,” ungkap Zola. Hal tersebut dikemukakan Gubernur Zola

Gubernur Zola menyampaikan, dialog wawasan kebangsaan ini sangat penting dan sangat strategis sekali sebagai upaya menjaga suasana kondusif yang merupakan modal utama dalam melaksanakan pembangunan di Provinsi Jambi, terlebih lagi dengan adanya tragedi yang terjadi di Rohingya.

“Kita boleh memberikan perhatian dan dukungan kepada etnis Rohingya, tapi jangan sampai menimbulkan perpecahan diantara kita yang ada di Jambi. Kita bisa memberikan dukungan untuk mengecam tragedi kemanusiaan dengan aksi damai melakukan penggalangan dana bagi etnis Rohingya,” ujar Zola.

Gubernur Zola mengatakan, tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar merupakan konflik antara Pemerintah Myanmar dengan etnis Rohingya dan Pemerintah Indonesia telah bersikap aktif, serta meminta kepada Pemerintah Myanmar untuk segera meredakan konflik yang terjadi, dengan berpegang pada nilai-nilai kemanusiaan. “Tragedi yang terjadi terhadap etnis Rohingya merupakan tragedi kemanusiaan, jangan sampai kejadian tersebut dibawa-bawa kedalam isu-isu yang lainnya, sehingga mengakibatkan perpecahan di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi,” kata Zola

“Bapak Presiden Jokowi telah mengutus Menteri Luar Negeri untuk bertemu dengan Pemerintah Myanmar, selain itu juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada semua korban dan pada bulan Oktober 2017 akan membangun Rumah Sakit di Myanmar. Semua ini adalah langkah nyata yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), khususnya utusan PBB yaitu Kofi Annan,” jelas Zola.

Lebih lanjut, Gubernur Zola mengajak semua masyarakat Jambi untuk menyikapi kejadian ini dengan bijaksana, terutama terhadap berita-berita yang tersebar di media sosial, harus benar benar dicek sumber kebenaran berita tersebut, agar jangan sampai terhasut unsur provokasi.


“Hati-hati dalam membaca berita, terutama berita-berita yang ada di media sosial, saya tidak mengatakan semua berita tersebut tidak benar, tetapi bijaksanalah dalam menyikapi berbagai berita yang ada di media sosial,” ungkap Zola.